Wednesday, April 23, 2014
Breaking News

Tim Pemadam Kebakaran Rentan Telat

Sisa Kebakaran : Seorang warga lewat di depan kios pasar Lodan yang terbakar. Ketiadaan tim pemadam kebakaran di kecamatan dianggap bisa memperparah dampak kebakaran.

SARANG – Ketiadaan tim pemadam kebakaran di setiap kecamatan di wilayah Rembang ini, dianggap rentan menimbulkan dampak lebih besar jika terjadi insiden kebakaran. Seperti kasus kebakaran pada pasar Lodan Wetan, Rabu dini hari (18/7) yang menurut sejumlah pihak juga diperparah oleh telatnya tim pemadam kebakaran kabupaten dating ke lokasi.
“Jarak antara Lodan dengan Rembang itu cukup jauh, bahkan puluhan kilo, mana bisa tim pemadam seketika langsung sampai sini. Memang untuk kebakaran di pasar Lodan, tim pemadam telat datang, kebakaran pukul 01.00 WIB, mereka datang pukul 03.00 WIB lebih,” ujar Wahid, salah seorang ketua Rt di Desa Lodan Wetan.
Wahid berpandangan, semestinya tim pemadam kebakaran lengkap dengan truk pembawa air selalu ada pada setiap kecamatan di Kabnupaten Rembang. Pasalnya secara geografis jarak tempuh antara beberapa kecamatan dengan kabupaten cukup jauh.
Ia yakin, jika di setiap kecamatan terdapat tim pemadam kebakaran, ketika terjadi insiden kebakaran dampaknya akan semakin kecil, karena lokasi akan lebih cepat terjangkau oleh tim pemadam.
“Andai saja setiap kecamatan di Rembang ini memiliki tim pemadam kebakaran, saya yakin setiap terjadi insiden itu dampaknya bisa diminimalisir,” terangnya lagi.
Hal sama juga diungkapkan oleh kepala Desa Lodan Wetan, Ali Imron yang juga menyayangkan ketiadaan tim pemadam kebakaran pada setiap kecamatan. Menurutnya hal itu sangat penting mengingat musibah kebakaran bisa terjadi sewaktu-waktu.
“Keberadaan tim pemadam kebakaran sangat penting untuk mengatasi terjadinya insiden kebakaran. apalagi pada saat musim kemarau seperti ini, mudah-mudahan ke depan tiap kecamatan memiliki setidaknya satu truk pemadam untuk antisipasi terjadinya kebakaran di lingkup pedesaan,” paparnya. (Ilyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>