Tuesday, September 16, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > Aktivis Lingkungan: Pabrik Semen Ancam 50 Mata Air

Aktivis Lingkungan: Pabrik Semen Ancam 50 Mata Air

REMBANG – MataAirRadio.net, Aliansi Tolak Pendirian Pabrik Semen di Rembang, Selasa (22/1) siang, menyuarakan secara lantang penolakan mereka atas rencana pendirian pabrik semen dan penambangan oleh PT Semen Gresik (Persero) Tbk atau sekarang menjadi PT Semen Indonesia.

Menurut aliansi ini, ada setidaknya 50 mata air yang terancam oleh aktivitas penambangan bahan baku semen di wilayah Kecamatan Gunem dan Sale. Mata air itu antara lain tersebar di Dusun Jatimalang, Waru, Bitingan, Picis, Suntri, Tegaldowo, Nglencong, Pasucen, Timbrangan, Kajar, Tahunan Pancuran, Klatak, Soka, Jurang Jero, Gendono, Alas Kembang, Goloyo, Ngleweh, dan Brengkong.

Aliansi Tolak Pendirian Pabrik Semen di Rembang menyatakan, rencana lokasi penambangan dan pabrik semen berada di kawasan lindung geologi. Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Rembang, menurut aliansi ini, telah menyatakan cekungan air Watuputih dan Cekungan Lasem tempat mata air tersebut berada, sebagai kawasan yang harus dipertahankan sebagai kawasan imbuhan air.

Aktivis Aliansi Tolak Pendirian Pabrik Semen di Rembang, Ming Ming Lukiarti menyatakan, rencana pendirian pabrik semen di kabupaten ini akan merusak ekosistem mata air yang sudah terbukti ribuan tahun memberikan kehidupan pada masyarakat, sehingga pihaknya dengan tegas menolak.

Aliansi ini pun menuntut revisi Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009-2029, agar mempertegas larangan penambangan kawasan imbuhan air dan mempertimbangkan aspek daya dukung serta daya tampung lingkungan.

Aksi unjuk rasa Aliansi Tolak Pendirian Pabrik Semen di Rembang diterima oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang Purwadi Samsi dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Agus Supriyanto.

Di hadapan aliansi ini, Purwadi Samsi menyatakan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) pendirian dan penambangan bahan baku semen sudah dilakukan oleh Provinsi Jawa Tengah, sehingga keputusan ada di Pemerintah Provinsi dan pihaknya tak berhak mengubahnya.

Sementara Agus Supriyanto berjanji akan menyampaikan tuntutan aliansi tersebut kepada pimpinan, karena saat ini tahapan pendirian pabrik semen di Rembang sudah memasuki proses akan diterbitkannya surat izin usaha penambangan.

Sebelumnya, PT Semen Gresik (Persero) Tbk melalui Kepala Biro Tambang, Ibnu Prasetyo menyatakan tidak akan memaksakan melakukan penambangan pada kawasan yang menurut studi karst atau hidrologi diketahui sebagai kantung air tanah, termasuk dalam rencana eksplorasi dan pendirian pabrik semen di Kecamatan Gunem.

Aksi penolakan rencana eksplorasi dan pendirian pabrik semen di wilayah Kecamatan Gunem tidak kali ini saja terjadi. Dari catatan yang dihimpun MataAir Radio, belakangan juga muncul aksi corat coret dinding bangunan milik publik berisi protes atau penolakan pabrik Semen Gresik. Penolakan yang muncul hampir selalu diikuti oleh isu ancaman kelangsungan sumber atau kantung air, selain juga isu-isu lain yang berhubungan dengan lingkungan. (Pujianto)

19 comments

  1. AYO MAKHLUK TUHAN yang diberikan akal sehat dan memiliki tanggungjawab sebagai kolifah di bumi untuk bahu membahu dan tergerak hatinya untuk bersama-sama MENYELAMATKAN BUMI REMBANG. Mari kita semua berpikir jernih bahwa dengan alam yang relatif utuh seperti saat ini saja sumber daya air rembang sangat kekurangan. Apalagi kalo nanti alam itu dieksploitasi besar-besaran dan akhirnya rusak. bagaimana nasib kehidupan yang ada di rembang. dari mana suplay air bersih bisa dicukupi, belum lagi untuk kebutuhan pertanian dan peternakan.

    Mari kita selamatkan bumi rembang dan TOLAK PENDIRIAN PABRIK SEMEN dan EKSPLOITASI SDA secara berlebihan!

  2. TOLAK PABRIK SEMEN DI REMBANG DAN TUTUP SEMUA PENAMBANGAN DI PEGUNUNGAN WATU PUTIH SALE DAN SEKITARNYA KARENA MELANGGAR PERATURAN DAERAH NONOR 14 TAHUN 2010 TENTANG RTRW KHUSUSNYA PASAL 19.

    MARI BERSATU PADU RAPATKAN BARISAN TOLAK PABRIK SEMEN.

  3. Setuju mendukung, tapi lain kali demonya jangan hanya lima orang saja biar tidak seperti ora mampu bayar. Mas Narko kan punya bos di Bapeda !

  4. Parno > mereka yang tolak pabrik semen kagak kayak elu…otak yang penuh duit. mereka aksi berdasarkan hati nurani. JMPPK REMBANG berbicara soal fakta ilmiah, bukan omong kosong. sopo sing AKSI di bayar tak doakan di samber bledek gosong.

  5. SELAMATKAN PEGUNUNGAN KENDENG…SELAMATKAN SUMBER MATA AIR. JANGAN MENYERAH.. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR PEJUANG LINGKUNGAN, MESKIPUN KALIAN HANYA SEDIKIT.. GOD BLESS U.
    TOLAK PABRIK SEMEN YES. SEMUT ABANG NO.

  6. MAJU TERUS TOLAK PABRIK SEMEN DAN EKSPLOITASI PEGUNUNGAN KENDENG. JARINGAN MASYARAKAT PEDULI PEGUNUNGAN KENDENG 5 KABUPATEN MENDUKUNG AKSI TOLAK PABRIK SEMEN DI REMBANG. PEGUNUNGAN KENDENG ADALAH MILIK KITA BERSAMA YANG WAJIB DIJAGA KARENA MERUPAKAN SUMBER KEHIDUPAN BAGI RIBUAN PETANI.
    KASIHAN SEKALI SAUDARA-SAUDARA KITA PETANI YANG TERUS DI BODOHI KAPITALIS.
    SELAMATKAN PEGUNUNGAN KENDENG UTARA, JAGA MATA AIR. SELAMATKAN BUMI JAWA DARI MALAPETAKA KAPITALIS. KAMI RIBUAN JIWA DISINI SIAP MENDUKUNG AKSI KALIAN SEDULUR KAMI.

  7. Mas Narko ki sopo to? kok lagi tumun ujuk-ujuk koar-koar tolak semen. kemana saja mas selama ini?

  8. sedikit belum tentu salah, yang banyak belum tentu benar.

    SALUT atas aksi kalian berjalan dengan tertib, tidak patah semangat walaupun hanya 5 orang, jangan risau dan galau ribuan orang dibelakang kalian.

    kapan demo lagi saya ikut bersama kawan-kawan kami, ikhlas tanpa pamrih bayaran hanya 1 tekad rembang tidak kekurangan air.

    maju terus TOLAK PABRIK SEMEN

  9. kapan demo lagi saya gabung tolak pabrik semen

  10. Para Saudaraku dari Kec Sale, Gunem dan Pamotan khususnya sekitar kawasan Gunung Buthak Gunung Kendeng Utara Kab Rembang. Saya sebagai warga Sidomukti Kec. Kenduruan Kab. Tuban akan sangat mendukung gerakan2 sampean dalam menggagalkan pendirian pabrik semen apapun namanya di kawasan itu karean dampak lingkungannya sangat berta tidak hanya warga sekitar kawasan rembang itu namun kemungkinan dampaknya tentu sampai daerah kawasan2 kec. Jatirogo, Kenduruan dan Kawasan Bogorejo Blora

  11. Mata Air kenapa tiba-tiba jadi 50, bukannya mata air itu satu yang dibawah Gus Mus dan NW?

  12. be wise guy….!!!!!

  13. Jangan tergiur iming2 materi sesaat dengan mengorbankan warisan alam yang harus kita lestarikan demi generasi akan datang

  14. Mas Aku tak ikut Komentar ya…..!

    Sebenarnya kita ini kalau menjadi orang bijak akan berkata ?, kalau kita membangun ipabrik ini adalah keperluan hajat hidup orang banyak…..! itu dalihnya….., akan merawat lingkungan yang ada…, dengan mengedepankan Pembangunan berkelanjutan…..! itu katanya …. ?
    tetapi memang sudah ditulis dalam Al- Qur”an ( Ar-Rum,30) maaf ya artinya kurang lebih begini ” telah terjadi kerusakan di darat dan ilaut karena perbuatan dan ulah menusia, Supaya ALLah merasakan kepada mereka sebagian atas perbuatn mereka agar mereka kembali berbuat yang benar ”
    dari nasehat tersebut maka….., kita harus tidak merusak alam walaupun dengan dalih apapun kalau tidak mau menuai hasil yng buruk untuk kita dan anak cucu………, makanya temen-temen alasan yang mengatakan bahwa pabrik itu adalah untuk hajat hidup orang banyak, itu hanya dalih……, akal-akalan para segelintir orang yang kenyang perutnya saja dan tidak mikir akan keberlanjutan……………, sungguh omong kosong belaka………, matur suwun .

  15. Kalau Pabrik itu jadi tidak hanya mata air mu saja ya hilang…….. mas ! tetapi……. juga Air mata mu akan mengering …. karena menangisi alam yang rusak….. tidak dapat menyerap air lagi dan akan terjadi kerusakan diman- mana,!

  16. bicara hajat hidup ada;ah merupakan kebutuhan pokok yang paling mendasar dalam suatu kehidupan mahkluk hidup yang ada dibumi, tetapi tanpa disadari bahwa dengan adanya penambangan yg berlebihan yg dipikirkan bukan kebutuhan untuk menopang kebutuhan hidup, tapi bergeser pada kebutuhan menumpuk kekayaan, memang benar kl, ada pablik terjadi penyerapan tenaga kerja tp …… hrs pikirkan dampak lingkungannya…
    banyak sekali usaha swasta yang dapat dikembangkan yg mempunyai dampat multiplayer efek peningkatan ekonomi masyarakat

  17. alam adalah pengayom bagi peradaban manusia, jika alam hancur, peradaban manusia pun akan hancur pula.

    MARI MASYARAKAT REMBANG, RAPATKAN BARISAN, TOLAK PABRIK SEMEN…!!!

  18. Jngan cuma pabrek smen aj, tuh udah ada banyak PT, tau cv. …sdah nyata2 merusak lingkungan tdk dberhentikan jg, seharusnya dberhentikan smua aj, biar tdk hlang pgunungan kita. . ..klau pbrik smen jdi tdk berdri tp dsitu penambangan msih berjalan trus, walau tdk diambili pbrik smen sama saja pegnungawm itu jga akn hbis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>