Monday, July 28, 2014
Breaking News

150 Nelayan Kembali Merantau ke Sumatera

REMBANG – MataAirRadio.net, Sekitar 150 nelayan di Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang kembali memutuskan merantau menangkap ikan di Perairan Sumatera, seiring krisis tangkapan di perairan setempat.

Kepala Desa Pasarbanggi, Rasno kepada reporter MataAir Radio, Rabu (2/1) menyebutkan, nelayan yang merantau tersebut baru saja berangkat akhir pekan kemarin.

Rasno juga menyebutkan, nelayan berangkat ke Sumatera dengan menumpang bus atau menggunakan jalur darat, lantaran sebelumnya, perahu atau kapal mereka sudah terlebih dahulu berada di sana.

Menurut dia, kebanyakan nelayan tersebut menangkap ikan jenis teri, meski ada tangkapan ikan jenis lain. Mereka pun baru pulang ke Pasarbanggi setidaknya sebulan sekali untuk mengantarkan uang hasil penjualan ikan tangkapan ke keluarga.

Kepala Desa Pasarbanggi Rasno menyatakan tidak lupa memberikan bekal imbauan kepada setiap nelayan sebelum berangkat melaut ke Sumatera, agar waspada cuaca.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, cuaca di Perairan Sumatera sedang kurang bersahabat dengan nelayan. Ia berharap nelayan dari desanya mempertimbangkan keselamatan diri ketika melaut.

Sebagaimana diketahui, merantau menangkap ikan hingga ke Perairan Sumatera bukan hal baru bagi nelayan Desa Pasarbanggi. Namun, perantauan mereka tidak selalu berhasil.

Bahkan pada 2010 lalu, sejumlah nelayan justru menjual perahunya di Sumatera lantaran kehabisan bekal untuk pulang ke kampung halaman. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>