Tuesday, July 29, 2014
Breaking News

Malam Tirakatan: Sinergi Ramadhan dan Kemerdekaan

Jamaah tampak khusyuk melaksanakan sholat tarawih dalam rangkaian malam tirakatan di aula Kecamatan Sale. (Foto: Zamroni)

SALE, mataairradio.net – Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 67 Kecamatan Sale, Kamis (16/8) menggelar jamaah sholat tarawih di aula kecamatan dalam rangka malam tirakatan . Seluruh komponen Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Sale hadir bergabung dengan tokoh agama setempat.

Ketua panitia, Wiyono mengatakan jamaah tarawih tersebut sengaja digelar mengawali malam tirakatan karena HUT RI bersamaan dengan bulan Ramdhan.

“Kembali fitri dan kembali kepada semangat perjuangan. Memiliki sinergi antara keduanya yakni semangat Ramadhan dan semangat perjuangan. Sebab antara keduanya mengandung nilai yang hampir sama antara keduanya,” ujarnya.

Oleh karena semangat tersebut, kata Wiyono malam tirakatan diawali dengan tarawih bersama. Berharap berkah Ramadhan menjadi titik balik untuk melandasi semangat perubahan dalam koridor semangat kemerdekaan.

“Memaknakan HUT RI malam ini dengan penuh hidmat dilandasi keikhlasan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing kita sebagai warga negara. Dengan demikian akan nyawiji antara keberkahan Ramadhan dan semangat perjuangan,” paparnya.

Setelah tarawih digelar, tak kurang dua ratusan warga sekitar hadir di aula Kecamatan Sale untuk bergabung dalam malam tirakatan. Para warga, kata Wiyono sengaja diundang untuk kembali merenungkan perjalanan kemerdekaan Indonesia.

“Kegiatan ini rutin kita gelar setiap malam tujuh belasan. Menjadi agenda rutin dalam memaknakan kemerdekaan, menyematkan jiwa pancasila dalam dada kita,” ungkapnya penuh semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>