Thursday, July 24, 2014
Breaking News

Jatah Raskin Dua Bulan Belum Dibagikan

REMBANG, MataAirRadio.net - Jatah beras untuk keluarga miskin di Kabupaten Rembang untuk alokasi Januari dan Februari 2013 belum dibagikan. Padahal, warga miskin menanti distribusi raskin jatah dua bulan tersebut.

Kepala Desa Sukoharjo Kecamatan Kota Rembang Lilik Haryanto saat dihubungi reporter MataAir Radio, Minggu (10/2) siang menyatakan, dirinya belum berani melangkah apapun misalnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, lantaran belum ada petunjuk dari pemerintah kabupaten.

Menurut Lilik, adanya perubahan data penerima raskin juga membuat pemerintah kabupaten ini tidak cukup berani memastikan kapan beras jatah untuk keluarga miskin ini akan disalurkan. Padahal saat ini, stok raskin di Gudang Bulog 206 Rembang sudah siap dan cukup untuk distribusi hingga April 2013.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemerintah Kabupaten Rembang Sukandar mengatakan, jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima manfaat (PM) raskin tahun ini mengalami penurunan sebanyak 12.256 RTS-PM dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, Rembang menerima alokasi raskin untuk 81.270 RTS-PM, sedangkan tahun ini Rembang hanya dialokasi 69.014 RTS-PM.

Menurut Sukandar, penurunan jumlah penerima raskin perlu disosialisasikan terlebih dahulu hingga tingkat desa agar terjadi kesepahaman. Ia mengaku telah mengundang seluruh camat untuk membahas perubahan data itu. Mereka diminta bisa segera meneruskannya ke tingkat desa.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, perubahan data selalu memicu protes dari pemerintah desa. Perubahan data penerima raskin tahun 2012 misalnya. Meski mengalami penambahan kuota dari 70.374 RTS-PM pada 2011 menjadi 81.270 RTS-PM pada 2012, namun itu tak lantas membuat pemerintah desa senang karena pengurangan kuota justru terjadi di banyak desa. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>