Saturday, April 19, 2014
Breaking News

Eksplorasi Semen Gresik di Rembang Lolos Amdal


KOTA - Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang Hamzah Fatoni mengungkapkan hasil analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) atas rencana eksplorasi dan pendirian pabrik Semen Gresik di wilayah Kecamatan Gunem telah turun.

“Hasil analisisnya sudah turun dan dinyatakan lolos Amdal,” terang Hamzah Fatoni saat dimintai informasi terkait hasil Amdal eksplorasi dan pendirian pabrik Semen Gresik, Kamis (10/5).

Namun, lanjut Hamzah, kendati sudah dinyatakan lolos Amdal, pihaknya belum memperoleh informasi valid apakah rencana ekplorasi akan berlanjut ke proses pembangunan dan pendirian pabrik semen yang rencananya dibangun di wilayah Desa Pasucen, Kecamatan Gunem.

“Kalau soal proses berikutnya, apakah dilangsungkan dengan pembangunan dan pendirian pabrik atau harus menunggu, itu bukan wilayah saya untuk menjawab. Mestinya langsung saja ke pihak pemprakarsa (PT Semen Gresik, red.),” tandasnya.

Hamzah juga menampik anggapan bahwa hasil Amdal tersebut terkesan tertutup, sebab sejauh ini hampir tidak ada awak media yang mengetahui kabar tersebut.

“Ada pertemuannya kok. Entah mengundang rekan-rekan media atau tidak saya tidak tahu. Saya sendiri tidak turut hadir dalam acara itu karena sedang ada tugas kedinasan yang lain,” tegas dia.

Sementara itu, upaya untuk mengonfirmasikan kabar secara terperinci turunnya hasil Amdal ini ke pihak PT Semen Gresik Tbk, belum membuahkan hasil.

Upaya menghubungi pejabat hubungan masyarakat perusahaan milik negara itu melalui perangkat komunikasi juga tak tersambung. (Puji)

13 comments

  1. Sumber daya alam bukan untuk memperkaya diri para pejabat!

    dukungan investasi yang membabai buta bahkan bertindak sembrono dengan melampoi standar pengambilan kebijakan yang benar adalah bukti pebajat hanya mikir sesaat dan kepetingan pribadinya bukan kesejahteraa rakyat!

    bagaimana pejabat bisa bilang tidak tahu untuk urusan yang demikian besar dan sangat berdampak pada ancaman serius untuk kelangsungan lingkungan hidup dan anak cucu! bagaimana pejabat semacam ini memahami substansi masalah ini? sehingga ringan dia bilang tidak tahu. Semua orang tahu bahwa terlalu banyak motif dibalik usaha pendirian pabrik semen. salah satunya adalah motif pertaruhan pilkada gubernur jateng yang sudah otomatis juga untuk pilkada rembang berikutnya. semua pihak sudah banyak menduga bahwa pratik eksplorasi SDA akan terkait dengan isu-isu pembiayaan pilkada. dimana harga jual SDA disuatu tempat akan dipertaruhkan untk itu.

    jadi sungguh omong kosong kalo semen gresik itu untuk kesejahteraan rakyatnya. dengan jumlah tenaga yang tersedot saja jauh lebih sedikit dari jumlah masyarakat yang harus menganggur. bahwa pendirian semen ini akan mengakibatkan ribuan penduduk kehilangan mata pencaharian itu pasti. bukan sebaliknya. dan kesejahteraan yang mereka dapatkan tidak akan jauh lebih baik dari seorang satpam dan juru parkir tidak lebih. tapi apa yang akan dipertaruhkan akibatnya justru jauh lebih besar. bukan hanya ancaman hilangnya sumber air tapi juga kesehatan, hilangnya ribuan mata pencaharian penduduk dan ancaman bagi kehidupan pertanian yang lebih luas khususnya daerah-daerah dibawahnya yang selama ini menggangtungkan hidupnya dari sumber air disana.

  2. bwtul betul betul!!!

    SEMEN GRESIK = KEBUTUHAN PRIBADI GUBERNUR DAN BUPATI BUKAN demi kejahteraan rakyat. rayuan gombal kalo mereka bilang demi rakyat. yang benar rakyat akan mendapatkan uang recehan hasil penjualan lahan mereka sendiri. itupun setelah mereka ambil untung separoh lebih dari harga mereka beli. pabrik semen adalah gampang dapatkan keuntungan dan konsesi politik biaya pilkada! rakyat hanya bergemberia sesaat karena sembakau dan selimut, tapi masa depan mereka dan nak cucu akan hancur berantakan selamanya!!! mari kita pikirkan bersama dengan jernih.

  3. Tanah calon pabrik semen dibeli habis dengan harga Rp.3000 per meter apakah itu wujud pimpinan daerah yang mensejaterakan rakyat?

    kalo bupati itu punya niat baik mensejahterakan rakyatnya, untuk apa mendahului membeli lahan warga yang bakal calon pabarik semen dengan harga Rp. 3000 per meter? ini pertanyaan sederhana atas berbusa-busa omongannya dan ambisi bupati dan gubernur untuk bangun pabrik yang ujung-ujungnya semua sudah tahu. dan rakyat setempat tetap saja jadi korban keserakahan dan pesta pora mereka. pendidikan dan pratik ketulusan kekuasaan dan pemimpin daerah seperti apa yang tega menipu rakyatnya sendiri demi keuntungan pat gulipat itu?

  4. Dodolan sumber daya alam karo pt SG iku luwih pas daripada nganggo alasan neko2. Golek bathi ratusan kali lipat iku luwih pas tinimbang ngomong ngalor ngidul gawe lapangan kerja anyar. 3000 rupiah per meter didol 30.000 apa 50.000 per meter wis akeh bathine.

  5. sabar saudaraku, bukan aku membela Salim akan tetapi dialah bupati Rembang.

    MAKA dia merasa berhak berlaku seenaknya, sekenanya. Yen sampeyan kabeh padha ra setuju, ayo bareng2 SALIM KITA LOROT, kita LENGSERKAN DARI KOTA KITA.

    Rembang milik kita bersama, bukan DUWEKE SALIM!

  6. Yg nolak pabrik semen yo urib nang gubug wae. Monas, sekolahanmu, pondokmu, omahmu kuwi dibangun nganggo semen, kl semua nolak pabrik semen, apa kita harus impor semen….kl semen langka wae podo cocotan

  7. yang ikut bahas amdal itu sapa, kapan dan dimana. Pertanyaan untuk beliau Bapak Sekda : pernahkan ada sosialisasi tentang rencana pendirian pabrik semen di desa-desa sekitar (tegaldowo, dowan, timbrangan dan pasucen, kajar) kalau ya kapan, dimana tempatnya, yang hadir siapa aja. Kepala Desa tidak bisa merpresentasikan warga masyarakat karena pasti tidak punya keberanian menolak.

    Untuk CAH CAH, anda agak sopan sedikit donk, anda tidak bisa hidup dengan semen aja tanpa air. Pernahkan anda berfikir harga semen itu lebih murah dibanding dengan harga air, kita bisa tinggal digubug, jita bisa tinggal dirumah bambu atau papan tapi kita tidak bisa hidup tanpa air, untuk itu tolong anda baca secara seksama mulai dari draf KA ANDAL sampai AMDAL betapa sangat terganggunya sumber mataair di SALE dan GUNEM karena sumber-sumber mata air itu mendapat pasokan air tanah dari rencana lokasi penambangan di atasnya. Tolong cermati juga PP. 26 Tahun 2008, Perda Prop Jateng No. 6 Tahun 2010, Perda Kab Rembang Nomor 14 Tahun 2011 (tentang RTRWN, RTRW Prop dan RTRW Kab Rembang) disana adalah merupakan kawasan lidung sebagai kawasan imbuhan dan resapan air. hanya saja memang hanya orang-orang (masyarakat) tertentu saja yang diajak membahas KA ANDAL sampai dengan AMDAL.

  8. ya ampun -_-
    pada reang karebe dewe -_-
    mbok ditonton sik, pabrike mengko dadine kaya ngapa..
    mbiyen PLTU wae yo akeh sg ra setuju, bareng PLTUne ws dadi jal ditonton, ekonomi wong kana ws pada munggah apa urung? jal dicermati, nk perlu ditakoni sisan, piye lan opo bedane pas urung ana PLTU karo pas wis ana PLTU?

    PT SG ki nggone negara, udu nggone salim, sg niat ngedekke SG ng kno kwi ya Negoro, apa alesane pd jengkel karo salim? sorry ya, bukane mbela salim, aku ya jengkel jane karo salim merga bendungan + dalan ng sumber ra dadi2 (red).

    Rembang ki ibarat kaya Kudus 9 tahun kapungkur, kudus jaman semana ya ra ndue apa2, bareng pabrik2 gedhe2 pd mbangun ng kudus, saiki sapa sg ra kenal sugihe kabupaten kudus? tingkat kemiskinan wong kudus mbiyen luwih saka 38%, saiki jal takon karo BPS rembang, piro jumlah wong mlarat ng kudus? trus bandingke karo ng rembang..

    jal saiki aku tak takon, kabupaten sugih bagian ngendi sing ra ana pabrik gedhe? Kaya dene Pati, Kudus, Jepara, Tuban, lan Gresik.. padakke Rembang – Demak karo Rembang – Pati. kabupaten sing wong mlarate paling akeh ki Wonosobo, kebumen, Rembang nk sederek pd rung ngerti, lha kabupaten sg sugeh kwi Cilacap, Purwokerto, Solo, Pekalongan, Kudus, Brebes, Pati, Magelang, lan Klaten.. wis sebanding rung karo rembang? wis pada tau rana urung? wis pada ngerti urung pa sing nggawe kabupaten kuwi sugih tur makmur? wis pada nonton durung apa sing pada ngadek ng kana? wis pd ngerti urung wong kana ki pada dukung pembangunan ng kabupatene? wis takon urung? wis kenal potensi kabupaten rembang urung? wes iso ngolah? wes ngerti carane ngolah?

    trus wong rembang iki wis pada sekolah sing bener urung?

  9. kiro2 masyarakat rembang ki yo iso dadi karyawan ne semen…. ??? opo yo mung kuli harian ne project wae kanggg ????

  10. wong pabrik semen ae kok repot……mas salim iku idolaku…wonge bagus tur jujur…..

    ayo pada bareng-bareng dukung mas salim….hidup mas salim…

  11. Rembang harus berubah total ,rembang harus dipimpin bupati yang bersih dari korupsi,maka untuk itu masyarakat rembang harus cerdas memilih sosok bupati yang mempunyai hati rakyat tidak suka memperkaya diri,tidak ambisius dan selalu mementingkan kepentingan rakyat sepuluh tahun sudah rakyat rembang hidup dalam kepahitan,kita sejujurnya kalah dengan kabupaten batang,kabupaten batang di pimpin bupati yang hebat jujur dan mengerti perasaan rakyat,kapan rembang punya sosok pemimpin yang seperti itu,kami rindu pemimpin yang mau mengerti wong cilik,birokrasi mudah,sandang ,pangan dan papan terjangkau ,lapangan pekerjaan mudah perijinan yang gampang tidak di persulit,kalau perlu rakyat diberi kemudahan,..kalau bisa kantor kpk juga ada di rembang biar semua di awasi dengan ketat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>