Monday, April 21, 2014
Breaking News

Semut Abang: Eksplorasi Semen Tak Ganggu Sumber Air

Sejumlah orang demo dukung pendirian pabrik semen di rembang

Sejumlah orang demo dukung pendirian pabrik semen di rembang

REMBANG – MataAirRadio.net, Ratusan orang yang tergabung dalam Komunitas Semut Abang menggelar aksi mendukung eksplorasi dan pendirian pabrik semen di wilayah Kecamatan Gunem di halaman Gedung DPRD Kabupaten Rembang, Rabu (23/1) pagi.

Komunitas yang mengklaim sebagai perwakilan dari masyarakat sekitar bakal tapak pabrik semen di wilayah Kecamatan Gunem ini menilai, pendirian pabrik semen di Kabupaten Rembang pantang ditolak lantaran dibutuhkan wong cilik dan tidak mengganggu sumber air di kawasan setempat.

Koordinator Semut Abang, Suparno Gusno kepada reporter MataAir Radio menyatakan dengan lantang, eksplorasi dan pendirian pabrik semen di wilayah Kecamatan Gunem telah lolos analisis mengenai dampak lingkungan oleh para pakar lingkungan.

Gusno yakin, karena yang bersuara memberikan dukungan merupakan warga setempat, maka berarti kegiatan eksplorasi dan pendirian pabrik semen telah mendapatkan restu dari masyarakat. Apalagi, pihaknya menyatakan telah mendesak penyerapan 75 persen tenaga lokal untuk pabrik semen.

Ia pun balik menuding, mereka yang menolak pendirian pabrik semen di Rembang justru bukan merupakan warga kabupaten ini dan memiliki kepentingan tertentu.

Sujiman, salah seorang peserta aksi yang merupakan warga sekaligus Ketua RT di Desa Tegaldowo mengatakan, berdirinya pabrik semen diyakininya akan bisa membantu wong cilik. Menurutnya, akan ada banyak lapangan pekerjaan dari pendirian pabrik semen.

Sujiman pun membantah, kelangsungan sumber air bakal terganggu dengan adanya kegiatan eksplorasi dan pendirian pabrik semen. Dan tanpa menuturkan lebih jelas alasannya, Sujiman malah menuding pihak yang meyakini sumber air bakal terganggu oleh adanya pabrik semen, sebagai warga luar Tegaldowo.

Sebelumnya, Aliansi Tolak Pendirian Pabrik Semen di Rembang menyuarakan penolakan eksplorasi dan pendirian pabrik semen di wilayah Kabupaten Rembang. Aliansi ini menilai eksplorasi akan mengancam kelangsungan kawasan lindung geologi yang antara lain memuat sedikitnya 50 sumber air.

Sementara terkait dengan penyerapan tenaga kerja untuk operasional pabrik semen, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia PT Semen Gresik, Wedo Wiroadji kepada reporter MataAir Radio belum lama ini menyebutkan, tenaga kerja yang dibutuhkan kebanyakan merupakan lulusan STM, diploma tiga, dan sarjana.

Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk sebuah pabrik semen berkapasitas tiga juta ton per tahun seperti yang akan dibangun di Kabupaten Rembang, jumlahnya tak lebih dari 600 orang. Mengenai tenaga lokal, pihaknya cenderung memilih memasukkanya ke perusahaan mitra-mitra Semen Gresik. Itu pun kebanyakan lulusan STM. (Pujianto)

13 comments

  1. Inilah wajah-wajah para antek peenjajah yang menjual bumi pertiwinya untuk dihancurkaleburkan. sayang isi kepala mereka yang ada hanya uang dan uang persis seperti para cukong dan bos-bos mereka. apakah semen gresik akan menggunakan cara-cara konyol mengikuti gaya para pekatik-pekatik ini? Gusti allah ora sare, alam pasti juga tidak akan tinggal diam. Semen gresik pasti minggat dari bumi rembang karena para leluhur dan orang-orang sholeh tidak ikhlas buminya hancur bersama para pekatik serakah!

  2. nasib para pencari kerja yang digembar gemborkan tidak akan jauh dengan warga Leran yang diming-imingi kerja di PLTU. bisa jadi yang semen gresik ni lebih parah karena senasib dengan CPNSD 2009 yang membeli puluhan bahkan ratusan juta. Mereka para warga akan bekerja kalo mau membeli dengan harga yang tinggi. karena yang ada diotak mereka selalu perkalian dan penjumlahan uang dan uang!

  3. Gusno menuding mereka yang menolak bukan orang rembang dan punya kepentingan tertentu…whahahahaha..jangan asal jeplak. bukane sing punya kepentingan ki sampeyan…habis aksi langsung tanda tangan…tompo amplop..wakakakaka…dah gak usah bo’ong lu…malu-maluin…semua orang di rembang tahu mana yang antek-antek kroco gak jelas
    emang semua tu orang tegaldowo??? bo’ong besar lu…aku liat banyak yang bukan tegaldowo….
    manusia lebih membutuhkan air daripada semen,,
    semen bisa di substitusi,,,kalo air??mau substitusi pakai apa??? mau minum nelen semen ato batu kapur… ngomong pake otak.

  4. gusno parno, kelakukanmu iku ora bener membodohi dan membohongi publik, pakailah fakta dan data ilmiah.

  5. gusno iku mudeng karepe opo ora ?
    negara kok diurus gusno sak kanca2ne ya rusak kabeh.

  6. La wes jelas2 iku kan LSM bentukane penguasa?yo ga salahe de’e nek mbelani…la sandhang pangane soko kono?Kabeh2 arep e dikuasai…

  7. Belajarlah dari pabrik yang di Kabupaten Tuban, di tahun 2009, angka kemiskinannya di daerah ring 1 PT. Semen Gresik masih relatif tinggi, dengan usia perusahaan mencapai 18 tahun. Thank’s

  8. saya lahir dan besar di kota rembang ,walaupun kini saya itnggal di luar negeri,tapi saya sangat kecewa mendengar rencana pendirian pabrik semen tersebut.Saya sangat mengharapkan semoga pabrik semen ini tak bakal terwujud.

  9. Demo yang dengan Hati sama demo dengan Uang itu beda dan bisa di lihat wajah2nya seperti gambr yang di atas itu. :D

  10. Mereka ini hanya terkecoh kepentingan materi sesaat tanpa mempedulikan kerusakan warisan alam yang perlu dilestarikan, Allah akan murka pada mereka yang berbuat kerusakan di muka bumi ini.

  11. mas kusno……. mas kusno…..?
    bener komentar mereka……, kalau hanya cari makan saja kenapa haru petontang-petenteng membela kesalahan….! itu dosa besar lo..? Lingkungan ini akan rusak bila kita tidak menjaganya….., kita ini siapa ? ya…. kaya sampean-sampean lah…! kalau belum tahu belajar dulu…., tanya dulu…… jangan hanya ngucap.
    njenengan tahu nggak…..!
    Batu khars …yang mau ditambang oleh pabrik semen adalah merupakan wilayah pegunungan kendeng Utara yang berfungsi sebagai tempat resapan air hujan dan air hujan tersebut dibawh tanah meresap kemana-mana termasuk ke rumah kusno yang anda pakai sehari-hari melalui sumur- sumur bawah tanah….., jadi semua harus sadar kalau pabrik semen itu akan menghancurkan lingkungan Rembang, kok gak sadar sich kalau kita lagi dijajah,
    Ingat ….. ya, Hutan kita di gunduli sekarang tinggal gunungnya…., eeee…… malah gunungnya mau di eruk lagi…… berarti kita tinggal tunggu kehancuran. …….. matur suwun

  12. mas Gusno……. mas Gusno…..?
    bener komentar mereka……, kalau hanya cari makan saja kenapa harus petontang-petenteng membela kesalahan….! itu dosa besar lo..? Lingkungan ini akan rusak bila kita tidak menjaganya….., kita ini siapa ? ya…. kaya sampean-sampean lah…! kalau belum tahu belajar dulu…., tanya dulu…… jangan hanya ngucap.
    njenengan tahu nggak…..!
    Batu khars …yang mau ditambang oleh pabrik semen adalah merupakan wilayah pegunungan kendeng Utara yang berfungsi sebagai tempat resapan air hujan dan air hujan tersebut dibawh tanah meresap kemana-mana termasuk ke rumah kusno yang anda pakai sehari-hari melalui sumur- sumur bawah tanah….., jadi semua harus sadar kalau pabrik semen itu akan menghancurkan lingkungan Rembang, kok gak sadar sich kalau kita lagi dijajah,
    Ingat ….. ya, Hutan kita di gunduli sekarang tinggal gunungnya…., eeee…… malah gunungnya mau di eruk lagi…… berarti kita tinggal tunggu kehancuran. …….. matur suwun

  13. Primordia Adinda Balqis

    Pernah satu kali ketemu dan berbicara dengan anggota LSM ini, maaf susah nyambungnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>