Sunday, September 21, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > Dua Ruko dan Dua Sepeda Motor Dirusak Gunkie

Dua Ruko dan Dua Sepeda Motor Dirusak Gunkie

perusakan dua unit sepeda motor dan dua ruko di bilangan Jalan Pemuda Kota Rembang. (Foto:Puji)

Perusakan dua unit sepeda motor dan dua ruko di bilangan Jalan Pemuda Kota Rembang. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net - Seorang pria yang diduga mengalami gangguan jiwa melakukan perusakan dua unit sepeda motor dan dua ruko di bilangan Jalan Pemuda Kota Rembang, Minggu (25/3) siang kemarin.

Pelaku bernama Hadi Pranoto alias Gunkie (35) warga Kelurahan Leteh yang bertempat tinggal persis di depan bangunan ruko wilayah RT 3 RW 4 Desa Tawangsari Kecamatan Kota Rembang.

Dua ruko yang dirusak itu masing-masing milik Muhammad Joni (35) warga Desa Tawangsari Kecamatan Rembang dan Teguh (35), warga Kabupaten Pati. Di ruko milik Joni, pelaku yang keturunan tionghoa itu mengocar-acir barang dagangan dan sepeda motor jenis Honda Vario milik korban.

Sementara di ruko milik Teguh yang sebenarnya akan mulai ditempati pada Senin (26/3) pagi, pelaku merusak kaca bagian depan dengan menggunakan parang. Selain dua ruko itu, sepeda motor jenis Honda Vario milik Mahrus Hasan Yahya warga Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dan sepeda motor jenis Honda Beat milik Gigik Prasetyo warga Desa Ketangi Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang, yang terparkir tak jauh dari ruko juga turut dirusak pelaku.

Umiati (41), orang yang menyewakan ruko-ruko itu menuturkan, perusakan terjadi pada sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, Umi yang tengah beristirahat siang tiba-tiba mendengar suara gaduh di ruko sebelah rumahnya. Ia pun segera bergegas memastikan apa yang sedang terjadi.

Ternyata Umi mendapati tetangga depan rumahnya, Hadi alias Gunkie sedang mengocar-acir dagangan di ruko milik Joni. Upaya menghentikan tindakan kalap Hadi juga tidak berhasil, sebab pelaku malah mencoba menyerang Umi dan suaminya, Ketut Ariyana.

Umi mengaku memiliki empat bangunan ruko itu dan semuanya telah disewakan. Atas perusakan dua ruko tersebut, pihaknya bersama penghuni toko sudah melaporkannya ke Polsekta Rembang.

Sementara itu, Hadi Santoso kakak kandung pelaku kepada para korban berjanji akan mengganti kerusakan yang ditimbulkan akibat ulah adiknya. Namun, Umi menyatakan belum menerima keputusan dari pihak keluarga korban dan kepolisian terkait kapan penggantian dilakukan.

Ia menambahkan, Gunkie atau Hadi Pranoto selama ini dikenal sangat jarang bergaul dengan tetangga. Yang warga tahu hanyalah bahwa Gunkie memiliki dua orang anak dan saat ini keduanya tengah kuliah.

Kapolsekta Rembang Ajun Komisaris Polisi Suhaendi Tirta mengaku sedang mendalami motif kasus perusakan dua ruko tersebut. Namun, pihaknya mengupayakan penyelesaian secara kekeluargaan atas kasus ini. Kapolsek menyatakan keluarga pelaku siap mengganti setiap item barang yang dirusak. Suhaendi menegaskan pelaku memang tidak waras. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>