Wednesday, September 3, 2014
Berita Terbaru
Home > Peristiwa > Daftar Tunggu Kuota Haji Rembang Masuki Tahun 2020

Daftar Tunggu Kuota Haji Rembang Masuki Tahun 2020

Daftar tunggu kuota haji Kabupaten Rembang saat ini telah memasuki tahun pemeberangkatan 2020. Hal tersebut dikatakan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, Subchi di sela – sela acara tasyakuran jamaah haji 2011 di di Gedung Haji, Jalan Pemuda Rembang, Selasa (10/1).

“Data sementara, saat ini penduduk Kabupaten Rembang yang sudah mendaftar pada tahun 2020 mencapai 374 orang. Sementara di tingkat Jawa Tengah, jumlah penduduk yang mendaftar mencapai 12.000 dari porsi 29.435 orang,” katanya.

Karennya, ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji agar segera mendaftarkan diri. “Diperkirakan, kuota untuk tahun 2020 pada pertengahan tahun ini akan habis. Jadi kalu sudah mantap, segera mendaftar saja agar masa tunggu tidak terlalu lama,” tambahnya.

terkait pelaksanana penyelenggaraan ibadah haji musim lalu, pihaknya mengaku tidak ada kendala berarti. “Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Beberapa kekurangan yang ada, akan kita perbaiki pada masa yang akan datang,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pada pelaksanaan ibadah haji musim lalu terdapat sisa dana non Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH) Kabupaten Rembang 2011 yang mencapai Rp18 juta. “Atas kesepakatan para jamaah haji, dana tersebut akan disumbangkan ke panti asuhan diantaranya Panti Asuhan Daarul Hadlonah Rembang, Panti Asuhan Al-Maskun Rembang, Panti Asuhan Darul Aitam Lasem. Selebihnya akan dipergunakan untuk membeli alat peraga manasik haji yang¬† selanjutnya akan dikeola oleh Kemeng.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Rembang, H Moch Salim selaku Koordinator Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kab. Rembang 2011, Kepala Kantor Kementerian Agama, Drs H Subchi, M.Ag selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Ibadah Haji Kabupaten Rembang 2011, Kepala KUA Kecamatan Se-Kab. Rembang, para tokoh agama, serta tamu undangan lainnya.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan haji (P3H) Kabupaten Rembang yang telah membantu kelancaran penyelenggaraan haji. Kepada para jamaah, ia berpesan agar para jamaah haji senantiasa dapat menjaga kemabrurannya, dan bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat sekitarnya.

“Hindarilah hal-hal yang sifatnya kurang baik yang bisa mengganggu kondusifitas dan stabilitas yang dampaknya akan mengganggu perkembangan ekonomi dan investasi, di mana saat ini pemerintah daerah sedang giat-giatnya menarik investor guna mendukung sektor-sektor sumber daya alam yang belum tergali di Rembang. (Rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*