Saturday, August 2, 2014
Breaking News

KPU: Tugas PPDP Lebih Berat dari Pemilu Sebelumnya

Maskot Pigub Jateng 2013

Maskot Pilgub Jateng 2013

REMBANG – MataAirRadio.net, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang menyebut tugas petugas pemutakhiran data pemilih pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 lebih berat dibandingkan pemilu sebelumnya.

Anggota KPU Kabupaten Rembang Maftukhin kepada reporter MataAir Radio, Rabu (26/12) menyebutkan, selain melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pada data pemilih dengan cara mendatangi secara langsung rumah warga, PPDP juga wajib melaksanakan tugas administratif lain yakni melaporkan secara berkala hasil coklit kepada PPS setiap minggunya.

Menurut Maftukhin, secara berjenjang, hasil coklit PPDP per minggu tersebut akan diaporkan oleh PPS ke PPK, dan PPK meneruskannya ke KPU Kabupaten Rembang.

Selanjutnya KPU kabupaten ini akan melaporkannya ke KPU Provinsi guna dilakukan rekapitulasi sementara hasil coklit pemilih mingguan yang akan dituangkan dalam daftar pemilih sementara.

Maftukhin yang duduk pada Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, Pemungutan, dan Penghitungan Suara pada KPU Kabupaten Rembang menambahkan, untuk memudahkan kinerja, PPDP akan dibekali buku kendali sebagai acuan langkah administratif.

Buku kendali tersebut, kata Maftukhin, akan menjadi rekaman kronologi perjalanan pencocokan dan penelitian data pemilih mulai dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) hingga menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan akhirnya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Proses pencocokan dan penelitian (coklit) akan dilaksanakan mulai 6 Januari hingga 4 Februari 2013. Selama ini, dari catatan MataAir Radio, akurasi data pemilih merupakan masalah pelik yang kerap muncul dalam setiap penyelenggaran pemilihan umum. (Muhtarom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>