Saturday, July 26, 2014
Breaking News

Sarang, Kecamatan Penunggak Terbesar PBB 2013

ilustrasi

Ilustrasi

SEDAN, MataAirRadio.net - Sarang menjadi kecamatan dengan jumlah tunggakan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) paling besar di Kabupaten Rembang pada tahun 2013 ini. Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Rembang mencatat, hingga Oktober ini, Kecamatan Sarang masih menunggak Rp600 juta lebih pembayaran PBB, dari satu miliar rupiah yang seharusnya disetorkan.

Kepala Bidang Pendapatan pada DPPKAD Kabupaten Rembang Suwilan mengungkapkan, sampai dengan Selasa (29/10) ini, baru kecamatan Sumber dan Sale yang lunas pembayaran PBB. Ia menegaskan, selain dua kecamatan tersebut, PBB masih belum disetorkan secara utuh.

Suwilan menyebutkan, sejumlah kecamatan tercatat masih memiliki tanggungan PBB cukup besar. Selain Kecamatan Sarang yang sejauh ini baru menyetor sekitar 40 persen dari total pajak, Kecamatan Kragan dan Sedan juga masih memiliki tanggungan PBB cukup besar.

Kecamatan Kragan misalnya, hingga Oktober ini baru menyetor sekitar Rp500 juta, dari seharusnya yang sekitar Rp930 juta. Sedangkan Kecamatan Sedan menunggak PBB sekitar Rp490 juta dari seharusnya yang sekitar Rp900 juta.

Menurut Suwilan, sudah menjadi hal wajar adanya tunggakan pada pembayaran PBB. Untuk itu, secara berkala pihaknya mengendakan sosialisai di setiap kecamatan.

Sementara itu, terkait dengan pembayaran PBB, Sekretaris Desa Karangasem Kecamatan Sedan Muhit mengaku menjumpai beberapa kendala di lapangan.

Kendala yang paling sering dijumpai adalah adanya warga yang tidak mau membayar PBB karena Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) tidak sesuai dengan luasan tanah yang dimiliki. Selain itu, ada juga warga yang memang sengaja menunda pembayaran lantaran berbagai sebab.

Pihak DPPKAD Rembang kembali menegaskan, pihaknya mengimbau kepada pemerintah kecamatan yang masih menunggak pajak untuk segera melunasinya. Tenggat waktu pelunasan untuk membayar tunggakan itu hingga 15 Desember 2013. (Ilyas al-Musthofa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>