Saturday, August 2, 2014
Breaking News

Petani Tembakau Dilarang Pekerjakan Anak

Manajer Area PT Sadhana Arifnusa Dedi Kusmayadi. (Foto:AFTA)

Manajer Area PT Sadhana Arifnusa Dedi Kusmayadi. (Foto:AFTA)

SUMBER, MataAirRadio.net - Petani tembakau di Kabupaten Rembang dilarang mempekerjakan anak untuk pekerjaan yang berbahaya seperti merajang dan menyemprotkan pestisida.

Demikian disampaikan Manajer Area PT Sadhana Arifnusa Dedi Kusmayadi pada acara Gebyar Tanam 2013 di Lapangan Desa Tlogotunggal Kecamatan Sumber, Rabu (1/5) pagi.

Dedi menjelaskan, batasan anak adalah di bawah 18 tahun. Mereka ini hanya diperbolehkan untuk dipekerjakan pada sebatas membantu saja. Ia menegaskan, jangan sampai anak-anak melakukan pekerjaan yang berbahaya.

Kondisi kerja yang aman perlu diperhatikan petani, terutama ketika melakukan penyemprotan pestisida. Dedi mengatakan, petani perlu mengenakan masker dan pakaian berlengan serta celana panjang ketika melakukan penyemprotan.

Asisten II Sekda Kabupaten Rembang Supraja berharap, petani menaati apa yang digariskan oleh perusahaan mitra mereka PT Sadhana Arifnusa.

Supraja pun mengakui ada tren ketertarikan yang cenderung meningkat tajam dari petani untuk mengembangkan tembakau. Dari yang semula hanya 80 hektare pada 2010, pada 2013 ada sekitar 2.000 hektare lahan pertanian tembakau yang ditanam petani.

Sementara itu, Seorang petani tembakau asal Desa Randuagung Kecamatan Sumber Gunadi mengatakan, karena belum lama menanam tembakau, dirinya akan selalu belajar cara yang benar mengembangkan “emas hijau” itu.

Terkait dengan penggunaan tenaga kerja anak, biasanya petani hanya memanfaatkannya ketika masa penanaman hingga panen. Sementara saat penyemprotan atau perajangan, biasanya dipegang oleh orang dewasa yang sudah relatif berpengalaman. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>