Thursday, September 18, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > Petani Jagung di Sarang Dihantui Bulai

Petani Jagung di Sarang Dihantui Bulai

Tanaman Jagung

Tanaman Jagung

SARANG, MataAirRadio.net - Serangan hama bulai membayangi sejumlah petani jagung di Desa Lodan Wetan dan Lodan Kulon Kecamatan Sarang. Petani tak bisa melupakan mengganasnya hama bulai pada musim tanam jagung sebelumnya.

Seorang petani jagung di Desa Lodan Kulon, Gufron kepada reporter MataAir Radio, Jumat (3/5) pagi menjelaskan, serangan hama bulai masih membayangi petani karena belum ditemukan cara efektif menanggulanginya.

Musim tanam sebelumnya, hektaran tanaman jagung petani tak tumbuh maksimal bahkan mati akibat diserang hama tersebut. Kecemasan petani muncul di saat umur tanaman jagung memasuki satu bulan, masa dimana hama bulai mulai mengancam.

Gufron juga menjelaskan, tanaman jagung yang diserang hama bulai nyaris tidak bisa berbuah. Jika pun masih mampu memberikan hasil, maka penyusutannya bisa mencapai 30 persen. Tentu saja, yang demikian membuat petani merugi sebab ongkos tanam dan perawatannya tidak sebanding dengan hasil panen.

Sementara itu, seorang petani di Desa Lodan Wetan, Imron juga mengkawatirkan serangan hama bulai. Ia mengakui, jika sudah kadung menyerang, maka hama bulai akan sulit dibasmi karena penyebarannya berlangsung secara cepat. Dirinya berharap petugas penyuluh lapangan bisa membagikan kiat pencegahan yang efektif untuk menanggulangi bulai. (Ilyas Almustofa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>