Tuesday, September 2, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > Dana Ideal Penataan Alun-Alun Rembang Rp6,75 Miliar

Dana Ideal Penataan Alun-Alun Rembang Rp6,75 Miliar

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang Hamzah Fathoni. (Foto:AFTA)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang Hamzah Fathoni. (Foto:AFTA)

REMBANG, MataAirRadio.net - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang Hamzah Fathoni menyatakan dana ideal untuk penataan Alun-Alun Kota setempat mencapai Rp6,75 miliar.

Kepada reporter MataAir Radio pada Selasa (7/5) pagi, Hamzah mengatakan, konsep penataan alun-alun merupakan hasil diskusi bersama dengan berbagai pihak Pemerintah dengan para pedagang kaki lima (PKL) setempat.

Sekda juga menjelaskan, nantinya lebar trotoar di sekeliling Alun-Alun Kota Rembang akan dilebarkan menjadi 15 meter dengan rincian lima meter untuk trotoar bagian luar dan sepuluh meter untuk trotoar bagian dalam.

Saat ini total dana yang digelontorkan Pemkab Rembang baru sebesar Rp1,7 miliar, murni dari APBD 2013. Dana tersebut akan digunakan untuk peninggian trotoar, pengurukan alun-alun, dan pelebaran jalan di kawasan Alun-Alun Kota Rembang.

Hamzah mengklaim, para pedagang mendukung rencana penataan kawasan Alun-Alun Kota Rembang. Menurutnya bangunan trotoar bagian barat, timur, dan selatan akan ditinggikan hingga 40 centimeter, sedangkan bagian utara bakal ditinggikan hingga 60 centimeter. Selain itu, seluruh jalan di sekitar kawasan alun-alun juga akan dilebarkan menjadi sembilan meter.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-Alun Kota Rembang Yoyok mengatakan, jika penataan dimulai, nantinya para pedagang makanan akan tetap diiusahakan berjualan di lokasi semula. Namun bagi para penyedia jasa mainan, nantinya akan dipindahkan di depan kawasan Jalan Gatot Subroto Rembang. (Afta Ahmad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*