Wednesday, July 23, 2014
Breaking News

Pelawak Ini ‘Kehilangan’ Nama Asli

Klowor, pelawak yang jago bikin ngakak (Foto: Tarom)

REMBANG, mataairradio.net РPelawak ini, bukan wajah baru di jagad pakeliran Rembang. Ia pintar  bikin ngakak penonton. Orang lebih mengenalnya dengan panggilan Klowor, ketimbang nama aslinya, Dayat.

Namanya cukup melegenda. Joki-jokinya selalau khas dan mengundang gelak tawa. Tak berlebihan jika pada setiap pentasnya,ia selalu dinanti-nantikan.

“Ah biasa saja. Itu bukan karena saya yang hebat, tetapi karena mereka butuh suasana baru yang fresh dan kocak. Makanya, biasanya orang nonton ketoprak belum pulang sebelum dagelan atau pelawaknya tampil,” kilahnya merendah saat disambangi mataairradio.net di rumahnya, Ahad (7/10).

Seniman yang tinggal di Dukuh Kapasan, Desa Glebeg, Kecamatan Sulang ini mengaku bersyukur namanya dikenal masyarakat luas. Hal itu tentu saja membawa berkah bagi dirinya dan paguyuban ketoprak yang menaungi.

“Jujur, orang lebih mengenal saya dengan nama Klowor ketimbang nama asli pemberian orang tua. Nama pemberian orang tua saat kecil seakan hilang begitu saja. Tapi, tidak soal. Mungkin nama Klowor menjadi keberuntungan saya,” tambahnya.

Dayat yang merupakan salah seorang pentolan Paguyuban Ketoprak Wargo Mulyo Budoyo ini, mengaku tak mudah untuk menjadi seorang pelawak.

“Tidak semua orang bisa melawak. Yang paling sulit bagaimana membuat penonton terhibur dan nagakak. Karenanya, isu yang diangkat harus mengikuti perkembangan zaman,” tambahnya lagi.

Yang paling sulit lagi, imbuhnya, ketika harus pentas pada kondisi yang kurang fit dan kurang mood. “Pelawak juga manusia. Pas lagi gak fit dan banyak masalah, menghibur orang lain menjadi sesuatu yang sangat sulit dan berat,” tegasnya.

Tapi, buru-buru ia menambahkan, karena tuntutan pekerjaan, ya tetap harus profesional. “Sebisa mungkin rasa itu harus disingkirkan agar penonton terhibur,” tegasnya.

Menurutnya, sukses seorang pelawak ditentukan banyak sedikitnya gelak tawa penonton. “Kalau yang datang terpingkal – pingkal itu artinya seorang pelawak suskses. Tapi kalau tidak, berarti gagal dan bersiaplah mendapat cibiran dan cemoohan,” pungkasnya. (Tarom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>