Wednesday, July 23, 2014
Breaking News

Partai Politik Genapi Jumlah Bakal Caleg

logo parpol peserta pemilu

logo parpol peserta pemilu

REMBANG, MataAirRadio.net – Sejumlah partai politik diketahui menggenapi jumlah bakal calon legislatif yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang di masa perbaikan berkas pada 9-22 Mei kemarin.

Partai Bulan Bintang misalnya. Jika pada saat pendaftaran berkas bakal caleg 9-22 April lalu mereka hanya mendaftarkan 14 orang, maka di masa perbaikan kemarin, mereka menambahnya menjadi 22 orang.

Penambahan daftar bakal caleg oleh setiap partai politik memang diperbolehkan, selagi kuotanya memang belum mencapai 45 kursi atau sebagaimana jatah di setiap daerah pemilihan.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin kepada reporter MataAir Radio, Jumat (24/5) siang mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi hasil dari berkas yang sudah diperbaiki setiap parpol. Menurut rencana, hasil verifikasi akan diumumkan 30 Mei nanti.

Maftukhin memastikan, sejak 23-29 Mei, setiap partai politik sudah tertutup untuk melakukan perbaikan berkas. Setelah verifikasi selesai, pihaknya akan mempublikasikan hasilnya dalam bentuk daftar calon sementara (DCS).

Ia menyebutkan, publikasi akan dilakukan melalui media cetak dan elektronik serta melalui papan tempel di masing-masing desa. Daftar calon sementara dipasang tidak hanya sekedar memenuhi ketentuan perundangan, tetapi juga agar masyarakat bisa memantaunya.

Menurutnya dengan publikasi DCS, masyarakat diharapkan memberikan masukan terkait daftar calon sementara. DCS yang dipasang akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah pemilihan atau dapil.

MataAir Radio mencatat pada saat penutupan pendaftaran berkas bakal caleg pada 22 April lalu, jumlah total bakal caleg yang masuk dari 12 partai politik sebanyak 454 orang, terdiri atas 188 perempuan dan 266 laki-laki.

Dari 12 partai politik itu, ada lima parpol yang tidak memenuhi kuota per dapil yakni PKPI yang hanya 15 bakal caleg, PBB 14, Hanura 34, PAN 32, dan Nasdem 44 bakal caleg. Namun terkait dengan syarat keterwakilan 30 persen perempuan, hampir semua parpol memenuhi. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>