Wednesday, April 16, 2014
Breaking News

Atlet Panjat Tebing Gagal Tampil di Porprov

Ketua FPTI Kabupaten Rembang Dwi Martopo. (Foto:Puji)

Ketua FPTI Kabupaten Rembang Dwi Martopo. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net - Sebelas atlet panjat tebing andalan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Rembang gagal tampil pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2013, setelah tidak mengikuti babak kualifikasi akhir 26 April hingga 1 Mei kemarin.

Ketua FPTI Kabupaten Rembang Dwi Martopo kepada reporter MataAir Radio, Rabu (8/5) pagi menjelaskan, kegagalan itu lantaran ada atlet yang tidak lolos administrasi, namun atlet yang lain malah ikut-ikutan emoh berangkat ke ajang kualifikasi tersebut.

Awalnya, setiap kabupaten diberikan tenggat waktu hingga 25 April 2013 untuk mendaftarkan atlet panjat tebing yang dikirimkan di babak kualifikasi. FPTI Rembang sudah melakukan pendaftaran secara online sehari sebelumnya.

Namun, saat hendak mendaftar secara offline pada 25 April 2013, pihak FPTI menerima keputusan bahwa salah seorang atletnya atas nama Septian Bagus dinyatakan tidak lolos verifikasi atlet karena surat mutasi atletnya kedaluwarsa.

Atas kegagalan tampil di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah kali ini, Martopo menyatakan, pihaknya akan mendinginkan suasana terlebih dahulu.

Ia menjamin, para atlet tidak kapok berlatih karena pihaknya langsung menemui masing-masing atlet dan memberikan pemahaman kepada mereka. Martopo pun mengimbau para atlet tidak bertindak arogan sebagai buntut kekecewaan mereka.

Sebab, setelah sejenak mendinginkan suasana, pihak FPTI akan mempertimbangkan tampil di kejuaraan antarkelompok umur yang digelar oleh FPTI Jawa Tengah.

Sebenarnya selain Septian Bagus, FPTI Kabupaten Rembang memiliki lima atlet yang diunggulkan bisa mempersembahkan medali. Kelima atlet itu adalah Rizki dan Naufal yang akan diturunkan pada kategori “spider kid” atau usia kurang dari sembilan tahun, Lutfi dan Gina yang akan diturunkan pada kategori “flash” atau usia sembilan hingga 15 tahun, dan Adi Eko Susilo yang akan diturunkan pada kategori “junior B” atauusia 17-19 tahun. (Pujianto)

2 comments

  1. beritane ngaco ah,,

  2. Sebagai klarifikasi saja, bahwa tidak tidak benar proses kegagalan atlet Pengkab FPTI Rembang ke babak Pra kualifikasi Porprov 2013 sebagaimana yang dirilis . Mengenai Septian yang gagal verifikais administrasi memang menjadi penyulut pembatalan keberangkatan ke event tersebut. Yang tidak benar adalah bentuk solidaritas atlet lain yang ikut ikut batal berangkat. Melainkan munculnya perintah untuk batal berangkat dari KONI Rembang melalui surat Nomor 11/KONI/IV/2012 tertanggal 25 April 2013 tentang Pembatalan Peserta Panjat Tebing Babak Pra-Kualifikasi Porprov Jateng 2013. Pada surat tersebut menyebut bahwa Rembang mengundurkan diri tidak mengikuti lomba panjat tebing babak Pra kualifikasi.
    Dengan klarifikasi berita yang terlanjur dirilis ini semoga bisa menjadi ralat pemberitaan sehingga sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Belakangan setelah terbitnyanya berita ini justru terkesan menjadi simpangsiur soal kebenaran pembatalan atlet panjat tebing Rembang pada event tersebut.
    Harap maklum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>