Friday, April 18, 2014
Breaking News

Chamim: Melukis Bukan Sekadar Soal Pasar

Abdul Chamim saat melukis (foto koleksi Gentong Miring)

Abdul Chamim saat menyelesikan lukisannya (foto koleksi Gentong Miring)

SLUKE – MataAirRadio.net, Pelukis kenamaan Rembang sekaligus pemilik sanggar seni lukis Gentong Miring Sluke, Abdul Chamim mengemukakan, melukis tidaklah sekadar soal pasar. Namun, menurutnya, melukis adalah sebuah proses memengaruhi perilaku masyarakat melalui sebuah karya visual.

Chamim menyebutkan, idealnya, seorang pelukis seharusnya membekali diri dengan motivasi mendedikasikan hidup bagi orang lain melalui sebuah karya seni.

Melukis, kata Chamim, perlu membawa nilai sosial, ekonomi, politik, ataupun isu-isu yang tengah berkembang. Nilai itulah menurutnya akan menjadi sumbangsih dalam membentuk keserasian, keselarasan, serta keseimbangan terhadap tatanan sosial yang ada di tengah masyarakat.

Ia pun menyuarakan kritikan untuk dunia seni lukis Rembang yang menurutnya masih dalam taraf bagaimana sebuah lukisan bisa terjual. Menurut Chamim, belum banyak lukisan yang lebih mengedepankan nilai atau pesan daripada market atau pasar.

Chamim mengungkapkan, pada dasarnya lukisan memiliki nilai yang komprehensif atau utuh bergantung pada sudut pandang siapa yang menikmati. Bisa jadi, sebuah lukisan multitafsir dan berbeda dari nilai yang sebelumnya ditawarkan pelukis.

Ia menegaskan, inti dari sebuah lukisan adalah sejauh mana bisa memberikan dampak positif bagi khalayak. Lukisan menurut Chamim, tidak hanya bisa sekadar dinikmati oleh mata, tetapi juga bisa diresapi dalam hati.

Chamim yang sudah cukup banyak mengikuti pameran lukisan ini berkeyakinan, sebuah lukisan yang lebih menonjolkan nilai atau pesan, akan mampu memberikan pencerahan serta suatu hal baru terkait perilaku sosial.

Baginya, sebuah lukisan bisa berfungsi layaknya materi dakwah atau karya sastra, sehingga bisa ditiru dan diterapkan dalam kehidupan nyata oleh penikmat seni lukis.

Untuk itu, ia menandaskan, kunci sebuah lukisan agar memiliki dampak positif bagi khalayak adalah dibuat atas dasar kejujuran dan bukan sekadar menuruti nafsu pasar. (Ilyas Almustofa)

One comment

  1. mas khamim termasuk pelukis rembang yang melampaui zamannya (di rembang). dia (khamim) telah mampu menghadirkan lukisan (karya) menjadi sebuah industri gagasan yang mencerahkan. beberapa karyanya (lukisan dg judul “save”) telah menjadi media diskusi yang sangat apik dalam mengusung tentang apa dan bagaimana saat ini etika manusia hidup berdampingan dengan alam. selamat berkarya mas khamim.

    titip ide, tentang lukisan bertemakan “kembali ke jalan lurus”.
    mas dapat salam dari komunitas rumah baca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>