Saturday, July 26, 2014
Breaking News

Yayasan MataAir Gelar Bimbingan Pasca-UN di Rembang

 

Peserta BPUN 2012 MataAir ketika hendak berangkat ke Semarang untuk mengikuti tes tulis SNMPTN 2012. (Foto:Wahyu)

Peserta BPUN 2012 MataAir ketika hendak berangkat ke Semarang untuk mengikuti tes tulis SNMPTN 2012. (Foto:Wahyu)

REMBANG, MataAirRadio.net - Kabupaten Rembang kembali dipercaya sebagai penyelenggara bimbingan pascaujian nasional (BPUN) bagi siswa SMA/MA/SMK untuk sukses seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN 2013.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Yayasan MataAir bekerjasama dengan Yayasan Ansoruna ini tahun lalu dikemas dalam konsep pesantren kilat atau Sanlat Sukses SNMPTN.

Manajer BPUN 2013 Kabupaten Rembang Chumaedi kepada reporter MataAir Radio, Kamis (25/4) siang menjelaskan, kepercayaan untuk kembali menggelar bimbingan pascaujian nasional tersebut lantaran dari dua penyelenggaraan sebelumnya, Rembang dinilai berprestasi.

Chumaedi menyebutkan, pada tahun 2011, Rembang berada di peringkat kedua dari 25 kabupaten/kota penyelenggara BPUN se-Indonesia. Sementara pada 2012, dari 40 kabupaten/kota penyelenggara BPUN se-Indonesia, Rembang menempati peringkat kelima.

Peringkat tersebut, kata Chumaedi menjelaskan, ditentukan dari seberapa banyak peserta yang berhasil dibimbing dan kemudian sukses atau masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Chumaedi menyatakan, pelaksanaan BPUN 2013 telah disosialisasikan ke hampir semua sekolah baik SMA, MA, maupun SMK di Kabupaten Rembang.

Ia menyebutkan, jumlah pendaftar sampai dengan Kamis 25 April 2013 sudah mencapai lebih dari 200 orang. Sementara masa pendaftaran peserta yang dilakukan di Kantor Berita MataAir Radio di Jalan Majapahit Nomor 2B sebagai Sekretariat BPUN Kabupaten Rembang, sudah akan ditutup pada 26 April 2013 pukul 16.00 WIB.

Menurut Chumaedi, kuota yang disediakan dalam BPUN kali ini ditentukan hanya 60 orang peserta terdiri atas 30 orang siswa dari jurusan IPA dan 30 orang dari jurusan IPS. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan penyaringan melalui “try out” pada 28 April 2013.

Chumaedi menerangkan, nantinya, selain diberikan pembelajaran seputar teknik dan materi sukses SNMPTN, para pendaftar yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai peserta bimbingan pascaujian nasional akan mendapatkan pembelajaran tentang etika, moral, motivasi, dan pengetahuan agama selama satu bulan penuh. (Pujianto)

2 comments

  1. maaf.. saya siswa smk kalo mau ikut BPUN bisa apa ndak?…
    makasih infonya :D

  2. elfiatun nurul hidayah

    assalamu’alaikum,
    afwan min, saya mau tanya, program ini prosedurnya bagaimana ?
    dan apakah manfaat mengikuti sanlat ini ?
    afwan wa sukron min :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>