Wednesday, September 17, 2014
Berita Terbaru
Home > Ekonomi Bisnis > Di Rembang Timur, Elpiji Bersubsidi Langka dan Mahal

Di Rembang Timur, Elpiji Bersubsidi Langka dan Mahal

Tabung gas elpiji tiga kilogram.

Tabung gas elpiji tiga kilogram.

SALE, MataAirRadio.net - Elpiji bersubsidi di beberapa wilayah Rembang bagian timur sudah sejak dua minggu terakhir ini langka. Jika pun ada, harganya cukup mahal dan melonjak dibandingkan harga sebelumnya.

Suharti, seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Sale kepada reporter MataAir Radio, Kamis (9/5) pagi mengatakan, langka dan mahalnya elpiji bersubsidi ini menyusahkan para ibu rumah tangga. Apalagi berbagai kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan.

Ia menyebutkan, harga elpiji per tabung isi tiga kilogram pada dua minggu lalu masih berkisar Rp14.000. Namun, kini mencapai Rp18.000. Kondisi itu membuatnya mengeluarkan biaya tambahan untuk urusan dapur.

Suharti berharap, harga elpiji bersubsidi ini kembali normal, sehingga tidak menyusahkan para ibu rumah tangga. Menurut dia, idealnya harga elpiji tiga kilogram sampai di tangan pemakai sebesar Rp14.000 atau sebagaimana sebelumnya.

Sementara itu, Karji seorang pengecer elpiji di Pasar Sale mengungkapkan, terus melonjaknya harga membuat dirinya sering mendapatkan keluhan dari konsumen.

Namun, dirinya mengaku tidak bisa berbuat banyak lantaran harga epliji itu wewenang pihak distributor. Hingga kini, Karji mengaku tidak tahu mengapa elpiji tiga kilogram menjadi langka dan mahal.

Tidak hanya di Sale, elpiji juga langka dan mahal di wilayah Kecamatan Kragan. Seorang warga Desa Pandangan Wetan, Budi mengabarkan, harga elpiji di wilayahnya mencapai Rp20.000 per tabung isi tiga kilogram.

Pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Rembang pun belum bisa mengungkapkan alasan langka dan mahalnya elpiji bersubsidi. Karena memang, pasokan elpiji tiga kilogram bertabung hijau untuk Kabupaten Rembang telah ditambah sebanyak lebih dari 300.000 kilogram mulai Januari lalu. (Ilyas Almustofa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>