Saturday, July 26, 2014
Breaking News

Lebur Kesalahan, MTsN Sulang Gelar Halal Bihalal

Halal bihalal MTsN Sulang, Selasa (28/8). (foto: Tarom)

SULANG, mataairradio.net - Memanfaatkan momentum Idul Fitri 1433 Hijriah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sulang menggelar kegiatan halal bihalal di lingkung madrasah, Selasa (28/8). Kegiatan dihadiri segenap keluarga besar guru, karyawan, komite, pendiri dan sesepuh madrasah serta pejabat dari kementerian agama setempat.

Kepala MTs Negeri Sulang, Srianto, dalam sambutannya mengatakan, Lebaran merupakan momentum tepat untuk saling memaafkan. “Dengan halal bihalal diharapkan dapat melebur segala kesalahan diantara segenap keluarga besar madrasah,” katanya.

Srianto menambahkan, kegiatan halal bihalal merupakan tradisi Lebaran yang selalu dilaksankan setiap tahun sebagai upaya untuk menguatkan rasa kebersamaan. “Ini sekaligus untuk menguatkan tali silaturahim bagi segenap civitas akademika MTsN Sulang,” tambahnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin dan Nural Firdaus (Zubin) Sulang, KH Arief Zaenal Arifin dalam uraian hikmah halal bihalal pada kegiatan tersebut mengatakan, halal bihalal merupakan tradisi khas Indonesia baik sisi penamaannya maupun cara pelaksanaannya.

“Halal bihalal merupakan budaya Indonesia untuk saling memaafkan pada setiap momentum Idul Fitri. istilah “halal bihalal” tidak dikenal di dunia Arab lantaran istilah itu secara gramatika Bahasa Arab tidak benar,” terangnya.

Namun, tambahnya, yang terpenting adalah subsatnsi dari pelaksanaan halal bihalal tersebut yakni semangat untuk saling memaafkan antara satu dengan yang lainnya.

“Idul Fitri berarti kembali pada kesucian. Dengan saling memaafkan, maka manusia akan kembali kepada fitrah kesucian,” tegasnya. (Tarom)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>