Sunday, September 21, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > Kurikulum 2013 Tak Lagi Gunakan Buku Elektronik

Kurikulum 2013 Tak Lagi Gunakan Buku Elektronik

ilustrasi

ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net - Buku teks dan buku pegangan guru di jenjang SD hingga SMA sederajat untuk implementasi Kurikulum 2013 dipastikan tidak lagi menggunakan buku sekolah elektronik atau BSE.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Dandung Dwi Sucahyo saat dihubungi reporter MataAir Radio, Minggu (24/3) siang mengaku tengah berada di Jakarta untuk mengikuti sosialisasi tentang buku teks guna menunjang implementasi kurikulum anyar mulai Juli nanti.

Menurut Dandung, nantinya sekolah tidak terlibat dalam proses pengadaan karena sifatnya hanya penggandaan. Ia juga menegaskan aturan teknis lebih lanjut mengenai pengadaan buku teks ini masih belum dirumuskan jelas.

Dandung hanya mengungkapkan, pengadaan buku teks untuk SD mulai Kelas IV akan dilakukan oleh pihak Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara untuk SMP, pengadaannya akan diupayakan untuk menggunakan dana alokasi khusus di setiap daerah.

Adapun pengadaan buku teks untuk SMA sederajat, sampai dengan saat ini belum ada petunjuk yang jelas. Hanya saja, buku-buku teks tersebut akan terdistribusi ke setiap sekolah mepet dengan pemberlakuan Kurikulum 2013.

Dengan penggunaan kembali buku teks dalam penerapan Kurikulum 2013, maka keinginan pemerintah untuk mengembangkan buku sekolah elektronik (BSE) yang bisa diakses secara digital dan gratis, menjadi mubazir.

Dana miliaran rupiah untuk pembelian hak cipta BSE dan proses pengunggahan secara digital juga tidak jelas nasibnya. Pemanfaatan BSE tidak efektif, tetapi tidak ada evaluasi dari pemerintah. Yang ada, justru pemerintah kembali menciptakan proyek membuat buku baru yang sesuai Kurikulum 2013. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>