Wednesday, July 23, 2014
Breaking News

Korupsi Bikin Warga Malas Nyoblos

Seorang warga melihat hasil hitung cepat KPU Jawa Tengah di kantor KPU Kabupaten Rembang. (Foto:Puji)

Seorang warga melihat hasil hitung cepat KPU Jawa Tengah di kantor KPU Kabupaten Rembang. (Foto:Puji)

KALIORI, MataAirRadio.net – Sejumlah warga secara terang-terangan mengaku enggan menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Minggu 26 Mei 2013. Sebagian dari mereka malas “nyoblos” karena banyak pejabat dan kepala daerah melakukan korupsi.

Di Dusun Mulo Desa Gunungsari Kecamatan Kaliori misalnya. Dari sekitar 300 hak pilih, sampai dengan pukul 11.30 WIB, baru sekitar 50 orang yang menggunakan hak suaranya.

Kepala Dusun Mulo Sumijan kepada reporter MataAir Radio mengatakan, sebagai pamong dirinya sudah berusaha mendorong warga agar berpartisipasi di Pilgub Jawa Tengah.

Namun, banyak dari warganya mengaku trauma dikhianati oleh Kepala Daerah ketika sudah menjabat. Mereka menilai Pemimpin banyak yang lupa janji dan melakukan korupsi, sehingga membuat mereka malas ke TPS.

Di Dusun Rumbutmalang Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori, proses pemungutan suara pun berlangsung tanpa greget. Sampai dengan pukul 12.00 WIB, baru sekitar 50 persen yang menggunakan hak pilihnya.

Kepala Dusun Rumbutmalang Kasno mengungkapkan, banyak dari warganya yang memilih bekerja dibandingkan “nyoblos”. Apalagi politik uang telah menjadikan sebagian masyarakat ketagihan dan membentuk ungkapan, tidak ada uang tidak memilih.

Sementara itu, di Kecamatan Sumber, nuansa Pilgub Jawa Tengah juga tidak jauh berbeda. Banyak TPS yang masih sepi hingga satu jam menjelang penutupan proses pemungutan suara pukul 13.00 WIB.

Rata-rata dari pemilik hak pilih yang ditemui reporter radio ini mengaku trauma selalu dikhianati. Pemimpin seperti mudah berjanji, namun mudah pula mengingkari. Nyaris tidak ada “serangan fajar” yang terjadi di dua kecamatan ini. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>