Monday, April 21, 2014
Breaking News

Kerugian Negara Kasus Buku Ajar Diyakini Empat Miliar

Kasus Buku Ajar.

Kasus Buku Ajar.

REMBANG, MataAirRadio.net - Nilai kerugian negara atas kasus dugaan korupsi pengadaan buku ajar untuk SD dan SMP yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK) 2010, baru akan dibeber secara resmi pada pekan depan.

Kepala Kejaksaan Negeri Rembang Sudirman Sjarif kepada reporter MataAir Radio, Jumat (26/4) pagi mengaku, enggan menyebutkan secara tegas besarnya kerugian negara atas kasus dugaan korupsi pengadaan buku ajar tersebut.

Namun, Sudirman berkeyakinan, besarnya kerugian negara dalam kasus tersebut mencapai enam kali lipat dari sebelumnya yang diduga hanya Rp654 juta.

Ia juga mengatakan, saat ini rencana dakwaan sedang disusun dan begitu ekspos kerugian negara dilakukan oleh BPKP pada pekan depan, berkas perkara akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Semarang.

Lebih lanjut Kajari menyatakan, pemberkasan kasus dugaan korupsi pengadaan buku ajar masih difokuskan untuk tersangka Bambang Joko Mulyono.

Sudirman menjelaskan, begitu berkas perkara tersangka yang satu ini sudah bergulir ke Pengadilan Tipikor Semarang, maka penyelidikan akan dilanjutkan dengan calon tersangka lainnya.

Mantan Kajari Bengkulu ini menegaskan, mereka-mereka yang saat ini masih berstatus sebagai saksi dalam kasus tersebut, berkemungkinan ditetapkan sebagai tersangka berikutnya.

Bambang Joko Mulyono diduga merugikan negara karena dinilai melanggar ketentuan pengadaan buku ajar sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor 420/97/2011 tertanggal 28 Juli 2011.

Dana proyek pengadaan buku ajar di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten Rembang diperoleh dari dana alokasi khusus APBD Kabupaten Rembang pada 2010. Alokasi dana untuk pengadaan buku tingkat SD mencapai Rp5,3 miliar dan untuk SMP sebesar Rp2,5 miliar. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>