Wednesday, September 3, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > Jemaah Calon Haji Rembang Diminta Tidak Panik

Jemaah Calon Haji Rembang Diminta Tidak Panik

Suasana pemberangkatan jama'ah haji tahun lalu.

Suasana pemberangkatan jemaah haji tahun lalu.

REMBANG, MataAirRadio.net - 594 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Rembang yang telah melunasi BPIH 2013 diminta tidak panik terkait rencana pemangkasan kuota haji Indonesia hingga 20 persen oleh Pemerintah Arab Saudi pada tahun ini.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Rembang Athoillah Muslim, Jumat (14/6) siang menjelaskan, saat ini Pemerintah Indonesia tengah melakukan lobi diplomatik dengan Pemerintah Arab Saudi agar tidak ada pemangkasan kuota haji 2013.

Pemangkasan kuota haji 2013 untuk Indonesia akan diberlakukan menyusul adanya renovasi Masjidil Haram. Kuota haji Indonesia yang 211.000 akan dipangkas hingga 20 persen atau berkurang sekitar 42.000 orang.

Athoillah menegaskan, Kabupaten Rembang menunggu keputusan final dari Pemerintah terkait ada atau tidaknya pemangkasan kuota haji dari Indonesia pada tahun ini.

Jika pun kemungkinan terburuknya ada beberapa orang calon haji yang urung berangkat tahun ini, maka mereka dipastikan akan berangkat pada tahun depan dan tidak akan dibebani biaya tambahan meskipun ada kenaikan BPIH tahun depan.

Sementara itu, Isnar calon haji asal Desa Tlogotunggal Kecamatan Sumber mengatakan, mestinya Pemerintah memperjuangkan jemaah calon haji yang jatahnya berangkat tahun ini.

Namun ia sendiri memilih menunda keberangkatan hajinya menjadi pada tahun depan, setelah dalam daftar jemaah yang akan berangkat tahun ini tidak tercantum nama istrinya. Karena istrinya baru bisa berangkat 2014, ia pun memilih menemani berhaji pada tahun depan.

Abdul Rouf, seorang calon haji lainnya asal Desa Soditan Kecamatan Lasem berharap tidak akan ada pemangkasan kuota calon haji asal Kabupaten Rembang pada tahun ini. Ia berharap bisa menyempurnakan rukun Islam dengan berhaji pada 2013. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*