Thursday, April 24, 2014
Breaking News

Festival “Thong-Thong Lek” Rembang 2013 Tak Kompetitif

acara temu teknik antara peserta dan panitia Festival thonk-thonk lek 2013. (Foto:Puji)

acara temu teknik antara peserta dan panitia Festival thonk-thonk lek 2013. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net - Tingkat persaingan antarpeserta di festival “thong-thong lek” Kabupaten Rembang pada tahun ini hampir dipastikan tidak sesengit atau sekompetitif tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, “thong-thong lek” tradisional yang dilombakan pada festival ini, jumlah pesertanya pas-pasan. Sampai dengan acara temu teknik antara peserta dan panitia pada Senin (29/7) siang, tercatat hanya tujuh peserta yang memastikan diri ikut serta.

Berbeda dengan pada 2012 yang masih diikuti sembilan peserta dan pada 2011 yang diikuti 14 peserta. Seperti diketahui, penyelenggara festival menyediakan hadiah untuk juara pertama, kedua, dan ketiga, serta juara harapan satu, dua, dan tiga. Dengan demikian, hanya akan ada satu peserta yang pulang tanpa hadiah.

Ketua Penyelenggara Festival “Thong-Thong Lek” Kabupaten Rembang, Karsono mengaku akan tetap menerapkan penilaian objektif, meski jumlah pesertanya pas-pasan. Ada sebanyak tujuh juri yang akan bertugas secara keliling untuk menilai setiap peserta. Dengan demikian, festival akan berlangsung baik dan lancar, serta mampu dijadikan ajang pariwisata juga contoh oleh daerah lain.

Selain melombakan peserta “thong-thong lek” tradisional, festival tersebut juga bakal dimeriahkan oleh 23 kelompok “thong-thong lek” modern atau elektrik. Mereka akan turut mengiring peserta lomba, sejak garis start di kawasan Jalan Cokroaminoto dan finish di kawasan Perempatan Galonan pada Sabtu malam, 3 Agustus 2013.

Yohanes, juru bicara dari Polres Rembang meminta, setiap peserta untuk menjaga cara berpakaian. Setiap komponen peserta dilarang mengenakan pakaian yang tidak seronok. Imbauan khusus dialamatkan pihaknya kepada peserta dari gabungan waria, agar bisa menjaga kesopanan dalam berpakaian.

Puncak festival “thong-thong lek” tahun ini akan digelar di Halaman Stadion Krida Rembang pada Minggu malam, 4 Agustus 2013. Setiap peserta akan membawakan lagu wajib berjudul “Status Hamba” dan “Cari Berkah” yang dipopulerkan grup band Wali. Adapun salah satu lagu pilihan adalah tembang berjudul “Sepohon Kayu” yang dipopulerkan oleh Almarhum Ustad Jefry Albuchori. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>