Friday, July 25, 2014
Breaking News

379.873 Keping e-KTP Dibagi Serentak 31 Januari

REMBANG – MataAirRadio.net, Sebanyak 379.873 keping elektronik kartu tanda penduduk atau e-KTP untuk penduduk di Kabupaten Rembang akan dibagikan secara serentak pada 31 Januari 2013 tanpa melalui verifikasi sidik jari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang Mutohir melalui Kepala Bidang Kependudukan Ismail kepada reporter MataAir Radio, Minggu (27/1) menyebutkan, pembagian keping e-KTP kepada pemegangnya tanpa verifikasi sidik jari terlebih dahulu, telah diputuskan Menteri Dalam Negeri melalui Surat Edaran Nomor 471.13/5246/SE/2012 tertanggal 18 Desember 2012.

Ismail juga menyebutkan, meski peluncuran e-KTP untuk Kabupaten Rembang baru, akan dilakukan pada 31 Januari 2013 dan dipusatkan di pendapa kabupaten setempat, namun tetap saja pembagiannya akan dilakukan melalui masing-masing kecamatan.

Kepala Bidang Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang Ismail juga mengatakan, ada 32.041 perekam data e-KTP yang belum bisa menerima keping elektronik kartu tanda penduduknya. Alasannya, pencetakan dilakukan langsung di tingkat pusat dan kekurangan itu akan dilakukan secara bertahap.

Pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri untuk memastikan kapan sisa keping e-KTP akan segera dikirimkan. Namun ia memastikan, belum ada kecamatan yang mendapatkan keping e-KTP sebagaimana jumlah perekam data.

Setelah diluncurkan secara serentak, nantinya masing-masing pemerintah kecamatan akan mengoordinasikan pembagian keping e-KTP melalui pemerintah desa.

Sementara itu terkait keping e-KTP untuk sebanyak 24 orang warga binaan Rutan kelas IIB Rembang yang juga melakukan perekaman data juga belum dikirim.

Warga binaan rutan yang mengikuti perekaman data e-KTP adalah yang berdomisili di Rembang dan sudah memiliki NIK (nomor induk kependudukan, red.) atau telah masuk dalam basis data kependudukan. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>