Thursday, July 31, 2014
Breaking News

Daftar Bakal Caleg Bertambah 10 Orang

Daftar Bakal Caleg Bertambah 10 Orang.

Daftar Bakal Caleg Bertambah 10 Orang.

REMBANG, MataAirRadio.net – Daftar bakal caleg yang disodorkan 12 partai politik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang secara keseluruhan bertambah sebanyak 10 orang.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Muhammad Affan kepada reporter MataAir Radio, Rabu (29/5) siang menyebutkan, jumlah total bakal caleg yang masuk dari 12 partai politik setelah masa perbaikan, menjadi sebanyak 464 orang.

Namun ketika dikonfirmasi dari partai mana tambahan 10 orang itu, Affan berdalih tidak hafal. Lagi pula saat ini, menurutnya, pihak KPU masih melakukan penelitian berkas setelah masa perbaikan.

Hanya saja, dari informasi yang dihimpun reporter radio ini, penambahan sepuluh orang itu, delapan di antaranya dari Partai Bulan Bintang. Mengenai hal ini, Affan justru menduga ada partai yang berkurang bakal calegnya.

Pihak KPU Kabupaten Rembang akan melakukan penelitian berkas yang telah diperbaiki parpol hingga 30 Mei 2013. Selanjutnya hingga 12 Juni 2013, Affan menjelaskan, pihaknya akan menyusun daftar calon legislatif sementara atau DCS.

Jika tidak ada kendala berarti, ia menegaskan, DCS akan diumumkan kepada publik pada 13 Juni 2013. Ia menambahkan, pada penelitian atau verifikasi kali ini, pihaknya akan melakukan klarifikasi berkas ke pihak lain, misalnya terkait keaslian ijazah.

Pihaknya memastikan tidak ada kendala penyusunan DCS, namun penelitian berkas yang dilakukan bersamaan dengan persiapan Pilgub Jateng 2013 membuatnya harus bekerja ekstra keras.

MataAir Radio mencatat pada saat penutupan pendaftaran berkas bakal caleg pada 22 April lalu, jumlah total bakal caleg yang masuk dari 12 partai politik sebanyak 454 orang, terdiri atas 188 perempuan dan 266 laki-laki.

Dari 12 partai politik itu, ada lima parpol yang tidak memenuhi kuota per dapil yakni PKPI yang hanya 15 bakal caleg, PBB 14, Hanura 34, PAN 32, dan Nasdem 44 bakal caleg. Namun terkait dengan syarat keterwakilan 30 persen perempuan, hampir semua parpol memenuhi. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>