Wednesday, July 23, 2014
Breaking News

Jenguk Anak Di Rumah Sakit, Buron Maling Kayu Ditangkap

REMBANG, MataAirRadio.net - Seorang buron maling kayu hutan bernama Suntuk warga Desa Kalinanas Kecamatan Japah Kabupaten Blora, Selasa malam 19 Maret lalu ditangkap aparat kepolisian ketika menemani anaknya yang dirawat di RSUD dr R Soetrasno Rembang.

Wakil Administratur KPH Mantingan Mohammad Rizqon kepada reporter MataAir Radio, Minggu (24/3) siang mengungkapkan, Suntuk merupakan satu dari enam maling kayu yang beraksi di RPH Sangkrah BKPH Kalinanas KPH Mantingan pada 2010 silam.

Sebelum berhasil menangkap Suntuk, polisi telah membekuk dua pelaku lainnya, sehingga sampai dengan 24 Maret 2013 ada tiga pelaku yang masih buron.

Karena merupakan warga Kabupaten Blora, pelaku diserahkan ke Polres Blora lewat Polsek Japah. Menurut Rizqon, buron pelaku pencurian yang satu ini terbilang licin. Semenjak beraksi dan kemudian dinyatakan buron, Suntuk disinyalir masih nekat beraksi merambah hutan.

Rizqon mengakui, wilayah BKPH Kalinanas merupakan kawasan yang cukup rawan pencurian kayu. Menurutnya, selain karena banyak kayu berusia tua dan siap tebang, larangan bagi mandor hutan membawa senjata api, diduga membuat pelaku pencurian kayu hutan semakin nekat.

Sementara itu, untuk menekan tingkat pencurian kayu di hutan, Perum Perhutani KPH Mantingan sebenarnya telah menerapkan program pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM). Namun, ternyata tetap saja, tingkat pencurian masih cukup tinggi.

Terakhir kali pencurian kayu hutan di wilayah KPH Mantingan terjadi di RPH Kedungrejo BKPH Medang. Saat itu, seorang mandor di RPH tersebut bahkan harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka akibat sabetan celurit karena dikeroyok sembilan pelaku pencurian. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>