Tuesday, September 16, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > Briptu Suparno Dituntut 20 Tahun Penjara

Briptu Suparno Dituntut 20 Tahun Penjara

Terdakwa pembunuh Rika Okdiana, Brigadir Satu Polisi Suparno dituntut hukuman dua puluh tahun penjara. (Foto:AFTA)

Terdakwa pembunuh Rika Okdiana, Brigadir Satu Polisi Suparno dituntut hukuman dua puluh tahun penjara. (Foto:AFTA)

REMBANG, MataAirRadio.net - Terdakwa pembunuh Rika Okdiana, Brigadir Satu Polisi Suparno dituntut hukuman dua puluh tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan di Pengadilan Negeri Rembang, Selasa (23/4) siang.

Pada persidangan kali ini hanya ayah Rika, Parmin yang tampak hadir, sedangkan sang ibu Pasinah tidak. Selain sang ayah, puluhan orang yang merupakan sahabat almarhumah Rika tampak setia mengawal jalannya persidangan.

Jaksa Penuntut Umum Sujiarto dalam tuntutannya meminta Majelis Hakim agar menyatakan terdakwa bersalah karena telah dengan sengaja dan berencana, melakukan tindak pidana pembunuhan sebagaimana dakwaan primer melanggar Pasal 340 KUHP.

Menurut pihak JPU, ada sejumlah hal yang memberatkan terdakwa dalam kasus pembunuhan terhadap Rika yang merupakan mahasiswi Universitas Muria Kudus. Terdakwa dinilai menghabisi korban secara terencana, sadis, dan dilakukan setelah korban diketahui tengah hamil.

Hal yang memberatkan lainnya adalah terdakwa merupakan anggota Polri dan akibat perbuatannya itu keluarga korban mengalami trauma berkepanjangan. Terdakwa pun dinilai kerap tidak berterus terang dalam menjalani persidangan selama ini. Satu hal yang meringankan terdakwa adalah yang bersangkutan belum pernah dihukum.

Atas tuntutan jaksa tersebut, terdakwa Briptu Suparno menyatakan akan mengajukan pledoi atau pembelaan melalui kuasa hukumnya pada persidangan Selasa 30 April mendatang.

Rika Okdiana adalah bekas pacar Briptu Suparno. Oknum Anggota Satuan Sabhara Polres Pati itu nekat membunuh Rika karena meminta pertanggungjawaban atas jabang bayi yang dikandungnya.

Pria asal Desa Tegalarum Kecamatan Jaken itu menghabisi Rika Okdiana dengan 21 tusukan di lorong antargudang penyimpanan garam di wilayah Dusun Dresen Desa Purworejo Kecamatan Kaliori pada Kamis tengah malam, 29 November 2012. (Afta Ahmad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>