Thursday, July 31, 2014
Breaking News

Produksi Batik Lasem Merosot Akibat Gangguan Cuaca

Batik Tulis Lasem

Batik Tulis Lasem

LASEM, MataAirRadio.net - Produksi batik tulis lasem mengalami kemerosotan hingga 25 persen dari biasanya akibat gangguan cuaca. Sekitar 60 perajin yang tergabung dalam klaster batik tulis lasem mengaku terkendala cuaca dalam beberapa hal.

Ketua Klaster Batik Tulis Lasem Rifai mengatakan, pewarnaan batik tulis menjadi terganggu jika hujan terjadi hampir setiap hari. Apalagi di sepekan terakhir ini, nyaris tidak ada sinar matahari yang terik.

Pewarnaan indigosol atau warna tua misalnya biru atau ungu lembayung menjadi tidak bisa dilakukan. Pengeringan pun terhambat. Rifai juga mengatakan, kemerosotan produksi diakibatkan pula oleh produktitas tenaga kerja yang menurun lantaran memilih pergi bersawah.

Rifai mencontohkan, produksi batik di gerai miliknya, turun dari 3.000 lembar menjadi tak sampai 2.500 per bulan. Namun dari catatannya, gangguan cuaca tidak sampai membuat perajin berhenti produksi.

Soal permintaan, menurut dia, juga tidak seramai biasanya. Umumnya perajin mencukupi kebutuhan permintaan dari stok yang diproduksi sebelum musim penghujan.

Apalagi, nyaris tidak ada kegiatan pameran yang digelar dan diikuti oleh para perajin. Mereka masih terus memproduksi batik meski tidak banyak sebagai persiapan menjelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh bertepatan dengan 31 Januari mendatang.

Klaster Batik Tulis Lasem juga mencatat, sektor perbatikan nasional terus tumbuh. Jumlah perajin batik tulis lasem, lima tahun lalu hanya 25 orang. Namun kini sudah lebih dari 60 orang.

Dari jumlah itu, nyaris tidak ada yang gulung tikar. Mereka terus berproduksi dan mulai menemukan pelanggannya melalui pameran dan jaringan perkenalan. Beberapa kegiatan yang digelar di Lasem dan sekitarnya juga turut mendorong perkembangan para perajin. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>