Friday, July 25, 2014
Breaking News

Bantuan Siswa Miskin akan Dipotong, Orang Tua Keberatan

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sale. (Foto:Ilyas)

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sale. (Foto:Ilyas)

SALE, MataAirRadio.net - Sejumlah wali siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sale mengaku keberatan dengan rencana pihak madrasah yang memotong nilai bantuan untuk siswa miskin dari Pemerintah.

Apalagi, menurut keterangan sumber MataAir Radio yang tidak mau disebutkan namanya, pemotongan nilai bantuan tersebut dilakukan dengan berkedok pemerataan kepada seluruh siswa.

Pihak madrasah akan membagi rata bantuan, sehingga siswa dari keluarga mampu pun akan “mendapat”. Namun “bagian” untuk siswa dari keluarga mampu tadi tidak diterimakan kepada siswa yang bersangkutan, tetapi “diambil-alih” pihak madrasah untuk pembangunan asrama madrasah.

Rencana pemotongan bantuan siswa miskin itu mengemuka saat penerimaan rapor siswa belum lama ini dan oleh pihak madrasah diklaim telah disetujui oleh komite madrasah. Padahal, bantuan siswa miskin itu sangat menolong orang tua, seperti dirinya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Sale, Masrum ketika dikonfirmasi dengan tegas membantah adanya rencana tersebut. Ia menjamin tidak ada pemotongan atau pembagian secara merata bantuan siswa miskin dengan dalih atau kedok tersebut.

Menurutnya, bantuan siswa miskin merupakan hak siswa sehingga akan diberikan sepenuhnya. Namun dirinya mengakui, pihak madrasah sedang mengharapkan infaq dari orang tua atau wali siswa terkait rencana pembangunan asrama madrasah.

Asrama itu pun menurut Masrum juga demi kepentingan siswa pada nantinya, karena akan digunakan sebagai kelas bilingual. Ditegaskan pula olehnya, bahwa infaq dari orang tua atau wali siswa tidak memaksa dan besarannya pun sukarela.

Menurut keterangan pihak madrasah, dana bantuan siswa miskin sebesar Rp550.000 akan diterimakan kepada 165 siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sale. Bantuan tersebut juga tidak diberikan tunai, tetapi melalui rekening pribadi milik wali siswa penerima bantuan. (Ilyas al-Musthofa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>