Friday, July 25, 2014
Breaking News

APBD 2013 Rembang Baru Diserap Separuh

Kantor Bupati Rembang

Kantor Bupati Rembang

REMBANG, MataAirRadio.net - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2013 di Kabupaten Rembang baru terserap sekitar Rp550 miliar atau baru 50 persen dari nilai total APBD. Padahal, saat ini sudah bulan September dan praktis tinggal ada waktu tiga bulan untuk menyerap anggaran itu untuk sejumlah kegiatan pembangunan di Kabupaten Rembang.

Tingkat penyerapan ABPD 2013 di Kabupaten Rembang itu dibeber oleh Bupati Rembang Mochammad Salim. Menurutnya, ada berbagai macam alasan belum maksimalnya penyerapan anggaran di semua satuan kerja perangkat daerah atau SKPD.

Salim berdalih, ada banyak aturan penyerapan anggaran yang belum disertai petunjuk pelaksanaan dan teknis yang jelas, sehingga SKPD berhati-hati dan cenderung enggan menjalankan. Beberapa pos anggaran yang belum terserap diantaranya bantuan sosial dan hibah.

Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Rembang Puji Santoso, Sabtu (14/9) pagi mengatakan, fakta terjeratnya Dandung di proses hukum dalam kasus pengadaan buku ajar, membuat SKPD mengaku berhati-hati. SKPD diharapkan lebih cermat dalam membaca dan mematuhi aturan yang ada.

DPRD pun menyarankan Pemerintah Kabupaten Rembang agar fokus dalam merealisasikan kegiatan sebagaimana rencana yang diajukan. Anggota dewan memahami, sisa waktu tiga hingga empat bulan ini, mestinya disikapi dengan kecermatan dan semangat menyerap anggaran sesuai ketentuan.

Puji meyakini, tidak semua pos anggaran memiliki aturan dengan petunjuk pelaksanaan dan teknis yang belum jelas. Karena itu, DPRD berharap penyerapan disertai pencermatan terhadap aturan.

Bagaimanapun, menurutnya, masyarakat menginginkan Pemerintah bisa bekerja untuk mereka. Jika banyak anggaran yang ngendon tidak terserap, masyarakat bisa menuding pemerintah tidak bisa bekerja.

Sementara itu, setelah penyampaian nota pengantar APBD Perubahan 2013 oleh Bupati yang kemudian dilanjutkan dengan pemandangan dari fraksi, APBD-P akan dilakukan pembahasan di setiap komisi DPRD dengan SKPD terkait. DPRD menargetkan APBD-P 2013 didok pada 27 September mendatang. (Pujianto)

2 comments

  1. bambangwantowidodo

    Ora bakal wani nyerap nek diobok obok terus. Ora bakal ono sing wani dadi ppkom nek ancamane penjara. Mangan nongko sakithik, kenek pulut sak kapoke.
    Proyek bener disalahno, opo meneh kurang bener,wis mesti dadi pekoro. Saiki jamane pembunuhan karakter. Masyarakat dininabobokkan dengan berita fitnah tiap hari. Oposisi gandeng kejaksaan, kejaksaan ditekan supoyo rembang akeh ontran-ontran. He poro menungso,podho tobato kabeh.
    Mugo-mugo rembang dadi tentrem lan ayem

  2. Puji iku koyok paham kabeh ae leh. Wis pindah partai kok ijeh ora gelem mundur soko dprd. Wis pindah bojo barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>