Tuesday, September 2, 2014
Berita Terbaru
Home > Headline > APBD-P 2013 Rembang Ditarget Disahkan 27 September

APBD-P 2013 Rembang Ditarget Disahkan 27 September

Gedung DPRD Kabupaten Rembang (Foto:Rif)

Gedung DPRD Kabupaten Rembang (Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan atau APBD 2013 di Kabupaten Rembang akan mulai dibahas pada Rabu 11 September ini. DPRD setempat menargetkan pengesahan APBD Perubahan 2013 pada 27 September mendatang.

Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Rembang Puji Santoso, Selasa (10/9) siang mengatakan, kepastian pembahasan APBD-P 2013 mulai Rabu (11/9) ini berdasarkan surat dari Badan Musyawarah.

Proses pembahasan APBD Perubahan akan diawali dengan penyampaian nota pengantar dari Bupati dan dilanjutkan dengan pembahasan di tingkat komisi.

Puji mengatakan, menurut ketentuan, APBD Perubahan sudah harus ditetapkan pada 30 September. Namun, pihak DPRD mematok target bisa mengesahkannya lebih awal atau pada 27 September.

Puji Santoso yang juga Anggota Komisi C, komisi yang membidangi urusan infrastruktur berharap, dengan akan disahkannya APBD-P 2013 sedikit lebih awal, penyerapan anggaran dan kegiatan akan maksimal.

Secara khusus, dia menyoroti Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, yang akan mendapat banyak gelontoran anggaran.

Komisi C meminta dua instansi tersebut menyiapkan perencanaan dan personel secara matang, agar anggaran yang sudah kadung disiapkan tidak menjadi percuma.

Puji menengarai, tingkat penyerapan kegiatan di dua instansi itu, terutama Dinas Pekerjaan Umum, masih perlu digenjot. Namun Komisi C belum mendapat laporan perkembangan penyerapan kegiatan, hingga sejauh ini.

Pada 30 Agustus kemarin, DPRD Kabupaten Rembang mengesahkan tiga raperda yang diajukan eksekutif. Tiga raperda itu, dua diantaranya mengatur tata cara pemilihan, pencalonan, pengangkatan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa serta perangkatnya.

Satu lainnya, adalah raperda yang mengatur penyertaan modal daerah. Ketiga raperda yang sudah disahkan itu dievaluasi Gubernur dan akan segera diundangkan. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*