Friday, August 1, 2014
Breaking News

Rencana Operasional Pelabuhan Nasional Kembali Molor

REMBANG - Pemerintah Kabupaten Rembang urung mengoperasikan Pelabuhan Umum Nasional (PUN) di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Sluke, pada Februari 2012 lantaran sampai saat ini izin operasional dari Dirjen Perhubungan Laut belum turun.

Selain itu, berdasarkan pantauan Sabtu (11/2), sejumlah perlengkapan utama pelabuhan seperti navigasi kapal belum terpasang. Sisa-sisa proyek juga belum dirapikan seluruhnya.

Hingga saat ini proyek yang telah digelontor miliaran rupiah dari APBN itu bahkan masih dalam pengerjaan. Padahal pembangunan megaproyek tersebut sudah dikerjakan sejak 2008 dengan pemasangan 16 tiang pancang. Kegiatan itu menelan anggaran Rp10 miliar. Tambahan delapan titik tiang pancang dipasang pada 2009.

Proyek lanjutan tersebut menelan anggaran Rp1,5 miliar. Pada 2010 dilakukan pembersihan ranjau diperairan laut seluas 183 hektare. Pembersihan ranjau menghabiskan dana Rp2 miliar.

Pada tahun yang sama, dilakukan reklamasi lanjutan sepanjang 104 meter. Pemkab kembali mendapat kucuran anggaran Rp30 miliar pada 2011 untuk melanjutkan pembangunan proyek tersebut.

Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, belum turunnya izin operasional dari Dirjen Perhubungan Laut memang menjadi kendala utama belum dioperasikannya pelabuhan nasional tersebut.

“Karena izin operasional belum turun, pelabuhan pun belum bisa digunakan. Kami terus mengusahakan pengurusan perizinan agar pelabuhan tersebut bisa segera dioperasikan,” kata dia.

Hafidz juga menandaskan pengerjaan proyek pelabuhan terus dikebut. “Pengadaan alat navigasi masih terus diupayakan,” kata dia.

Ia menambahkan, keberadaan pelabuhan akan sangat vital untuk mendongkrak kegiatan perekonomian kabupaten itu. “Seiring dengan rencana investasi besar seperti pabrik semen dan lainnya, keberadaan pelabuhan ini akan sangat penting. Bahkan berpotensi dikembangkan menjadi pelabuhan internasional,” kata dia. (Puji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>