Saturday, July 26, 2014
Breaking News

Penggabungan Damkar ke BPBD Masih Buntu


REMBANG – MataAirRadio.net, Isu yang menyeruak terkait penggabungan unit pemadam kebakaran ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang dalam waktu dekat, nampaknya masih akan menemu jalan buntu.

Menurut Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Rembang, Puji Santoso kepada reporter MataAir Radio, Senin (26/11) peralihan koordinasi unit pemadam kebakaran, dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) ke BPBD tidak bisa dilakukan secara serta merta.

Puji menjelaskan, peralihan unit pemadam kebakaran ke BPBD bisa dilakukan apabila sudah ada perubahan Peraturan Daerah tentang struktur organisasi dan tata kerja (SOTK). Sementara sampai dengan November ini, belum ada sedikit pun rencana mengubah Perda tersebut.

Puji yang juga Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Rembang ini pun menilai, peralihan koordinasi unit pemadam kebakaran dari DPU ke BPBD belum menjadi sebuah prioritas, setidaknya sampai 2013.

Dengarkan rekaman disini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang Hamzah Fatoni mengatakan penggabungan unit pemadam kebakaran memang belum bisa dilakukan.

Sebab, sejauh ini secara limitatif Perda tentang SOTK masih menyebut tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran berada di Dinas Pekerjaan Umum, sedangkan dalam Perda tentang BPBD secara limitatif belum mewadahi tupoksi damkar.

Namun demikian, menurut Hamzah, Pemerintah Kabupaten Rembang masih dan tengah melakukan telaah evaluasi Perda SOTK. Apalagi memang di sejumlah daerah, unit pemadam kebakaran berada satu atap koordinasi dengan BPBD.

Seperti diketahui, isu penggabungan unit pemadam kebakaran ke BPBD menyeruak sejak badan baru itu terbentuk pada awal tahun ini. Isu tersebut semakin menguat setelah pemadam kebakaran kerap terkait dengan penanganan bencana akibat amukan si jago merah di Kabupaten Rembang. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>