Wednesday, July 23, 2014
Breaking News

Inilah Cara Menggaet Pembatik dari Usia Muda

Batik Lasem Menggaet Pembatik dari Usia Muda

REMBANG KOTA – MataAirRadio.net Hampir semua perajin batik tulis lasem mulai dihadapkan pada ancaman kesulitan meregenasi pembatik. Saat ini pembatik tulis lasem kebanyakan adalah perempuan berusia relatif tua, sedangkan regenerasinya, pembatik berusia lebih muda nyaris tidak ada.
Reporter MataAir Radio mengunjungi seorang pembatik tulis di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Uswatun Hasanah, perempuan yang sukses merengkuh penghargaan Kalpataru dari Presiden pada 2010 lantaran mampu menginspirasi remaja dan anak muda agar terjun ke dunia batik.
Menurut Uswatun Hasanah yang memiliki sanggar batik Sekar Ayu itu, di tempatnya, dari 30 orang pembatik yang dipekerjakan, hampir semuanya merupakan anak muda dengan usia paling tua 35 tahun.
Ia bercerita, ketertarikan anak-anak muda menggeluti batik berawal dari kreasinya yang membuka sanggar batik dengan pelatihan gratis. Awalnya ia mengaku memang berat. Namun seiring berjalannya waktu, remaja di desanya begitu mencintai batik.

Uswatun menambahkan, perbedaan batik di Tuban dengan daerah lain di Indonesia lebih pada keseriusan sejak awal memproduksi batik. Batik tulis di daerahnya dimulai dari menanam kapas sendiri dan memintal benang secara mandiri.
Saat ini, batik buatannya sudah melanglang dunia melalui Bali. Meski diakuinya ada memori kelam bisnis batiknya kala serangan bom Bali pada 2002.

Uswatun menambahkan, dari sisi omzet, batik  buatannya sudah menghasilkan ratusan juta rupiah. Tiap minggu, katanya, ia memproduksi 300 potong batik tulis. Harganya mulai dari Rp100.000 hingga tiga juta rupiah per lembar. Dengan jumlah dan harga sebesar itu, dibukukannya omzet Rp150juta hingga Rp300juta per bulan.

Berbeda dengan lasem yang mengandalkan motif batik latohan atau watupecah, motif batik unggulan Tuban adalah Loek Chan atau motif dari china yang konon dibawa oleh salah seorang anak buah Laksamana Cheng Ho. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>