Saturday, August 30, 2014
Berita Terbaru
Home > Berita > Sepuluh Warga Pedak Diduga Diserang Chikungunya

Sepuluh Warga Pedak Diduga Diserang Chikungunya

Ilustrasi

Ilustrasi

SULANG, MataAirRadio.net - Sekitar sepuluh orang warga Desa Pedak Kecamatan Sulang diserang secara bergantian penyakit yang diduga chikungunya dalam kurun sepekan terakhir.

Rusmini (38), seorang warga RT 1 RW 1 yang diserang penyakit diduga chikungunya saat ditemui reporter MataAir Radio, Kamis (2/5) pagi mengatakan, dirinya masih dalam masa penyembuhan.

Empat hari sebelumnya, ia mengaku tiba-tiba mengalami nyeri hebat di hampir semua persendian, diikuti ruam di kulit serta panas tinggi dan mual-mual. Ia mengaku tidak paham persis penyakit apa yang menyerangnya, namun sejumlah tetangga menduga chikungunya.

Hartini, warga lainnya menambahkan, serangan penyakit itu datang tiba-tiba. Buktinya, Nur Ali Ridlo, anaknya yang berusia sepuluh tahun masih sehat pada malam hari. Namun, dini hari menjelang salat subuh, ia mendapati anaknya tidak bisa bangun dari tempat tidur.

Badan anaknya panas tinggi dan muncul ruam atau bentol-bentol hitam kemerahan di kulit. Ia berharap, pihak dinas kesehatan melakukan penanganan, misalnya dengan penyemprotan.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Aris Suryono menyatakan bakal segera turun melakukan pengecekan guna memastikan, apakah penyakit yang menyerang warga itu chikungunya atau tidak.

Jika memang chikungunya, maka pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang akan mengupayakan penyemprotan guna membasmi nyamuk dari spesies aedes aegypti, penyebar alphavirus yang menyebabkan chikungunya.

MataAir Radio mencatat, secara umum, chikungunya diawali demam tinggi mencapai 39 derajat celcius secara mendadak, kemudian diikuti nyeri pada persendian terutama lutut serta pergelangan tangan dan kaki. (Pujianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*